Share

Pantai Padang Mulai "Bersolek" Sambut Libur Lebaran, Satpol PP Tertibkan PKL

Antara, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 406 2578843 pantai-padang-mulai-bersolek-sambut-libur-lebaran-satpol-pp-tertibkan-pkl-Snd83KKUqk.JPG Kawasan wisata Pantai Padang, Sumbar (Foto: ANTARA/Iggoy El Fitra)

SATPOL PP Kota Padang, Sumatera Barat kini tengah fokus membenahi kawasan Pantai Padang menyambut libur Lebaran 1443 Hijriah dengan melakukan penertiban pedagang kaki lima yang berjualan di lokasi yang dilarang.

"Pada lebaran tahun ini diperkirakan ada tiga juta perantau yang akan mudik ke Sumbar dan Pantai Padang merupakan salah satu destinasi favorit yang rutin dikunjungi," ujar Kasatpol PP Kota Padang, Mursalim.

Menurut dia, sejak sebelum Ramadan cukup banyak bermunculan pedagang kaki lima dan jika tidak dilakukan penertiban jumlahnya akan bertambah banyak.

"Apalagi setelah Ramadan pada Agustus, di Padang juga ada acara besar yaitu tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia," kata dia.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Mursalim menambahkan, sejak sebelum Ramadan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata melakukan penertiban PKL yang ada di Pantai Padang.

"Alhamdulillah akhirnya PKL mulai keluar dari tempat yang dilarang yaitu pantai dan trotoar," kata dia.

Akan tetapi ia mengakui masih ada PKL yang membandel dan sebelum Lebaran pihaknya akan menempatkan personel Satpol PP untuk berjaga di lokasi.

"Lokasinya mulai dari Masjid Al Hakim hingga ke Hotel Pangeran, sekaligus ini juga menjaga keamanan pengunjung saat libur Lebaran," terang Mursalim.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Pantai Padang merupakan salah satu kunjungan wisata saat libur Lebaran.

"Karena itu kami ingin menghadirkan Pantai Padang yang nyaman, bersih dan tidak ditutupi oleh PKL yang berjualan, hingga pemalakan," kata dia.

Ia pun memastikan Satpol PP bertugas menegakkan Perda dan jika ada yang melanggar harus ditindak.

"Jika Satpol PP bekerja dengan optimal maka akan hadir kota yang tertib sehingga warga dan pengunjung akan nyaman," kata dia.

Ditambahkan Mursalim bahwa saat ini Satpol PP memiliki 400 personel yang bertugas di lapangan dan dibagi menjadi tiga shift.

"Dalam menjalankan tugas kami mengedepankan humanisme namun tetap tegas jika ada yang membandel dan melanggar aturan," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini