Share

8 Tempat Wisata Asyik Buat Ngabuburit di Yogyakarta, Jangan Sampai Terlewat!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 408 2578783 8-tempat-wisata-asyik-buat-ngabuburit-di-yogyakarta-jangan-sampai-terlewat-QrtVGBOouJ.JPG Jalan Malioboro, DIY (Foto: Instagram/@malioboro_insta)

TEMPAT wisata buat ngabuburit di Yogyakarta kerap dicari oleh banyak orang. Kota Pelajar memang surganya tempat wisata asyik dan kuliner lezat. Maka, tak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, termasuk saat bulan Ramadan.

Ada beberapa tempat wisata yang tiap tahunnya selalu ramai dan menjadi favorit banyak orang untuk ngabuburit. Nah, sambil menunggu adzan magrib berkumandang, kamu bisa mencari takjil atau sekadar jalan-jalan ke tempat ini. Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/4/2022), simak selengkapnya berikut ini.

1. Malioboro

Berkunjung ke Yogyakarta kurang afdal rasanya jika tak mampir ke kawasan Malioboro. Dari masa ke masa, kawasan Jalan Malioboro memang menjadi kawasan favorit untuk ngabuburit di Yogya. Kamu akan menemukan berbagai macam kios makanan tradisional hingga modern, toko oleh-oleh mulai dari makanan hingga baju, juga beberapa spot foto menarik di sini.

Ngabuburit pun jadi makin asyik sambil membeli takjil serta belanja barang-barang yang unik di sini. Suasananya yang eksotik dan Jawa banget, dijamin bikin kamu betah jalan kaki di Malioboro!

2. Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Yogya menjadi salah satu tempat yang selalu ramai oleh pengunjung, baik lokal maupun dari luar daerah, terutama saat bulan Ramadan.

Infografis Wisata Malam Yogyakarta

Banyak aneka jajanan takjil lezat yang di jual di sepanjang jalan sebagai menu untuk berbuka puasa. Selain makanan, ada juga spot foto yang menarik bagi kamu yang hobi hunting foto dan update status di sosial media. Asyik banget, kan?

3. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko menjadi salah satu tempat wisata ngabuburit yang asyik di Jogja. Lokasinya hanya berjarak 3 km dari sebelah selatan komplek Candi Prambanan. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan sunset yang indah menjelang buka puasa.

Apalagi, Candi Ratu Boko berada di ketinggian dengan alam hijau yang terbuka. Saking indahnya panorama di tempat ini, Candi Ratu Boko pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2) loh!

4. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Jika kamu ingin ngabuburit sambil sedikit memacu adrenalin di sekitar pusat kota Yogya, kamu bisa mendatangi Sindu Kusuma Edu Park.

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai wahana bermain sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Tenang saja, Sindu Kusuma Edupark menyediakan stand jajanan saat bulan Ramadan kok, sehingga kamu tak perlu bingung untuk mencari takjil. Seru banget kan?

5. Kampung Ramadan Jogokariyan

Bicara soal tempat ngabuburit di Yogya, pasar kaget yang dinamai Kampung Ramadan Jogokariyan ini tentu saja tak boleh terlewat. Setiap tahun, kampung yang berlokasi di Jalan Jogokariyan, Mantrijeron ini selalu menjadi destinasi wisata kuliner favorit saat puasa.

Menjelang sore, pasar ini akan ramai dengan pedagang di sepanjang jalan, mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga minuman segar pun tersedia di tempat ini. Menariknya lagi, Kampung Ramadan Jogokariyan kerap menyediakan takjil gratis selama bulan Ramadan loh!

Kampung Ramadan Jogokariyan
(Foto: Instagram/@uzanadh_)

6. Pasar Sore Ramadan Kauman

Pasar Sore Kauman menjadi salah satu pasar Ramadan Jogja yang melegenda ketika Ramadan tiba. Sesuai dengan namanya, pasar ini berada di Kampung Kauman yang berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Lokasinya cukup unik, berada di suatu gang yang membentuk lorong dengan lebar kurang dari dua meter.

Di sini, kamu bisa menemukan aneka kuliner khas yang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadan seperti kicak, jadah manten, clorot, sarang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, serabi kocor, dan kipo.

Selain pasar kaget, ada pula Masjid Gedhe Kauman yang kerap memberi takjil gratis untuk pengunjung yang ingin berbuka puasa. Biasanya, ada banyak orang yang menunggu waktu untuk berbuka puasa di Masjid ini. Entah itu untuk berdoa, mengaji dan lainnya.

7. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau biasa disebut Alkid juga menjadi salah satu tempat wisata ngabuburit favorit di Jogja. Di sini, kamu bisa jalan-jalan, berburu takjil dan berbuka puasa sambil menikmati keramaian Kota Yogyakarta.

Selain itu, ada berbagai permainan yang bisa kamu coba di Alkid, seperti menaiki becak hias yang dikayuh sendiri, bermain layangan, hingga melewati pohon beringin sambil menutup mata. Setelah buka puasa dan seru-seruan di Alkid, kamu bisa lanjut beribadah, karena tempat ini dekat dengan Masjid Gede Kauman. Lengkap banget kan?

8. Lembah UGM

Bagi para pelajar atau alumni yang kuliah di Yogya, pasti sudah tak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Lembah Universitas Gadjah Mada (UGM) selalu jadi tempat yang mendadak ramai dengan penjual takjil saat bulan Ramadan tiba.

Lokasinya yang strategis membuat Lembah UGM menjadi tempat yang tepat bagi masyarakat maupun mahasiswa untuk berburu makanan menjelang buka puasa. Selain murah, makanan yang dijual juga sangat bervariasi, mulai dari makanan tradisional hingga jajanan modern favorit anak muda Yogya. Pasar ini juga sering dimanfaatkan para mahasiswa untuk mencari tambahan uang saku dengan cara berjualan. Keren ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini