Share

10 Negara yang Membenci Amerika Serikat, Rusia hingga Palestina

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 16 April 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 408 2579705 10-negara-yang-membenci-amerika-serikat-rusia-hingga-palestina-SZ7iJqEVJH.jpg Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat (iStockphoto)

TERDAPAT 10 negara yang membenci Amerika Serikat baik dari segi ekonominya maupun politik atau karakter masyarakatnya. Hal ini dikarenakan kebijakan arogan yang diterapkan oleh Amerika Serikat tidak disukai oleh beberapa negara.

Bahkan, negeri Paman Sam ini pernah memberikan sanksi kepada beberapa negara. Pemberian sanksi ini menyebabkan beberapa negara pun membenci Amerika Serikat.

Berikut 10 negara yang membenci Amerika Serikat yang dirangkum oleh Okezone :

1. Rusia

Sejumlah sanksi telah diberikan Amerika kepada Rusia.Adapun sanksi-sanksi yang Amerika berikan berupa pemutusan lembaga keuangan terbesar Rusia, memblokir akses VTB Bank, sanksi untuk sejumlah kelompok elite Rusia, sanksi impor teknologi, hingga sanksi penerbangan dan penggunaan lintas udara Amerika oleh pesawat Rusia.

 Ilustrasi

Presiden Rusia Vladimir Putin (Reuters)

Pemberian sanksi ini membuat Rusia menjadi salah sagu negara yang membenci Amerika. Fua negara ini emang terlibat persaingan meskipun nggak kelihatan secara nyata.

 BACA JUGA: 7 Negara dengan Wanita Bermata Biru Tercantik di Dunia, Bikin Mata Ogah Kedip

2. Palestina

Palestina merupakan negara yang paling membenci Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan dukungan Amerika Serikat kepada Israel yang membuat Palestina harus menderita akibat perang yang ditimbulkan oleh Israel.

Amerika Sendiri sempat mengatakan kalau Hamas adalah organisasi teroris dan harus dibasmi. Pernyataan dari Amerika Serikat itu membuat Palestina sangat membenci Amerika Serikat.

3. Iran

Hubungan Iran dan Amerika Serikat semakin memburuk saat mantan Presiden Trump memutuskan kesepakatan nuklir Iran yang dibuat Presiden Obama pada 2018.

Beberapa orang dan perusahaan Iran telah dimasukkan ke dalam Warga Negara yang Ditunjuk Khusus dan Orang yang Diblokir. Jika melanggar, maka akan dikenakan sanksi terberat yakni sanksi SWIFT. Hal inilah yang membuat Iran sangat membenci Amerika Serikat

 

4. Turki

 

Amerika memberikan sanksi kepada Turki pada Desember 2020 lalu, atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia. Selain itu, Amerika juga menjatuhkan sanksi lain di tahun berikutnya yaitu pada 2021, pada lembaga negara Turki beserta empat penjabatnya karena kerja sama sektor dengan pertahanan Rusia.

Sanksi yang diberikan Amerika antara lain larangan ekspor ke AS, pembatasan kredit sebesar lebih dari 10 juta dolar Amerika, dan pembekuan aset.

5. Slovenia

Sekitar 54 persen dari seluruh penduduknya di Slovenia ingin mencela Amerika Serikat akibat dendam yang dimiliki negara tersebut

6. Jerman

Ingatan mengenai perang dunia kedua masih membekas bagi Jerman. Hampir sekitar 47 persen penduduk Jerman sangat membenci Amerika Serikat dikarenakan dendam masa lalu yakni perang dunia kedua.

7. Mesir

Amerika Serikat dan Mesir juga tergabung dalam sejumlah organisasi yang sama yakni PBB, IMF dan WTO. Meskipun demikian, hampir sekitar 58 persen rakyat Mesir membenci Amerika Serikat

 Ilustrasi

8.Austria

Austria yang memiliki hubungan dekat dengan Korea Utara membuat Amerika menjadi kesal. Hal inilah yang membuat Austria menjadi negara yang membenci Amerika Serikat.

9. Pakistan

Pakistan menjadi negara incaran Amerika Serikat dalam membasmi terorisme. Aksi ini membuat Pakista mengalami perang yang tidak selesai dan membuat masyarakatnya membenci Amerika Serikat.

10.Libanon

 

Sebanyak 66 persen penduduk Libanon sepakat membenci Amerika Serikat. Alasannya sendiri adalah lantaran Negeri Paman Sam tersebut adalah kawan akrab Israel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini