Share

5 Destinasi Wisata Rohani di Indonesia, Cocok Banget Buat Liburan Paskah

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 17 April 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 408 2579877 5-destinasi-wisata-rohani-di-indonesia-cocok-banget-buat-liburan-paskah-Kr8q3jinqD.JPG Patung Yesus Buntu Burake di Tana Toraja, Sulsel (Foto: Instagram/@hilmanimanuddin)

KRISTEN sebagai salah satu dari 6 agama yang diakui di Indonesia punya tempat tersendiri di kalangan masyarakat, di mana banyak dari WNI yang memeluk agama ini di samping Islam.

Tak heran apabila terdapat beragam destinasi wisata rohani mulai dari gereja ikonik, patung Yesus atau Bunda Maria dan masih bangak lagi yang tersebar di penjuru wilayah Tanah Air.

Tempat-tempat itu rasanya cocok untuk dikunjungi di momentum hari besar umat Kristiani seperti misal Paskah. Oleh karena itu, berikut kamk sajikan rekomendasi 5 destinasi wisata rohani di Indonesia!

5. Gereja Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Mengunjungi wilayah NTT saat Hari Paskah adalah sebuah pilihan wisata rohani yang sangat tepat. Hal ini karena masyarakat setempat dikenal punya tradisi paskah yang unik yakni Semana Santa yang berisikan kegiatan doa, ziarah hingga mengarak Patung Kristus dan Bunda Maria saat minggu-minggu paskah.

Selain itu ada juga sebuah gereja yang sangat menarik untuk dikunjungi yang bernama Larantuka, dimana bangunan ibadah umat Kristiani yang terletak di kaki Gunung Mandiri ini punya arsitektur cantik bergaya Portugis dan menyimpan banyak peninggalan sejarah. Mantul!

Patung Yesus di Tana Toraja
(Foto: Instagram/@darson_y)

4. Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta

Wisata rohani paling mainstream bagi umat Kristiani di Indonesia ini tentu cocok untuk dikunjungi saat paskah ataupun hari besar keagamaan Kristen lainnya.

Gua Maria Sendangsono adalah sebuah Gua yang terdapat patung Bunda Maria yang merupakan hadiah dari Ratu Spanyol. Tempat ini punya sejarah panjang terkait aktivitas kerohanian yang sudah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda. Sudahkah kamu berkunjung ke sini?

3. Graha Maria Annai Velangkanni, Medan

Melihat namanya, sebagian orang mungkin akan terpikir bahwa bangunan ini serasa perpaduan antara budaya Kristiani dengan Buddha. Jika kamu berpikir demikian, kamu tidak salah karena memang begitu adanya.

Graha Maria Annai Velangkanni adalah gereja Katolik yang dibangun dengan arsitektur bergaya India-Mughal. Konon sejarah berdirinya gereja ini adalah karena kemunculan Bunda Maria di Kota Velankanni, India. Dan Medan punya bangunan yang dipersembahkan untuk peristiwa tersebut.

2. Bukit Salib Kasih, Tarutung

Bergeser dari Medan ke Tarutung yang sama-sama merupakan bagian dari Provinsi Sumatra Utara, terdapat sebuah bangunan ikonik lain yang menjadi destinasi wisata rohani yang cocok untuk dikunjungi saat paskah.

Bangunan itu adalah Bukit Salib Kasih, yang menghadirkan salib raksasa di atas bukit dengan ketinggian mencapai 30 meter dari atas permukaan tanah.

Tempat wisata rohani ini sendiri telah diresmikan sejak tahun 1993 oleh Dinas Pariwisata setempat sebagai bentuk mengenang jasa misionaris asal Jerman yakni Ingwer Ludwig Nommensen yang melaksanakan misi keagamaan di tanah air.

1. Patung Yesus Kristus Raksasa, Tana Toraja

Patung yang terletak di Buntu Burake, Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini merupakan destinasi wisata rohani kontemporer di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2015 lalu.

Menariknya, patung ini disebut-sebut sebagai ‘saingan’ Christ The Redeemer nya Brazil yang ikonik itu. Bahkan bangunan yang disebut Patung Yesus Kristus Memberkati ini jauh lebih tinggi dibanding patung yang terletak di Kota Rio De Janeiro itu, jika diukur dari lokasi ketinggiannya di atas permukaan laut.

Selain berwisata religi, mengunjungi patung ini juga menawarkan panorama Tana Toraja dari atas ketinggian. Sangat cocok untuk liburan paskah!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini