Share

8 Negara yang Pakai Bahasa Indonesia sebagai Program Studi, Nomor 4 Lagi Pusing Digempur Rusia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 17 April 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 408 2579908 8-negara-yang-pakai-bahasa-indonesia-sebagai-program-studi-nomor-4-lagi-pusing-digempur-rusia-OknqwghCqW.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

8 NEGARA yang pakai Bahasa Indonesia sebagai program studi di kampusnya menjadi topik menarik untuk dibahas. Pasalnya, bahasa kebangsaan Indonesia ini turut dipelajari oleh orang asing.

Hal ini memotivasi kita sebagai warga Indonesia untuk terus mencintai Bahasa Indonesia. Karena saat ini banyak masyarakat Indonesia yang justru kurang berminat belajar Bahasa Indonesia karena dianggap susah karena banyak aturan dan kata-kata.

Nah, anda perlu memotivasi diri untuk mencintai Bahasa Indonesia dari 8 negara yang pakai bahasa Indonesia sebagai program studi.

1. Suriname

Suriname adalah salah satu negara yang terletak di ujung utara Amerika Selatan. Di negara yang tidak begitu luas ini, 14 persen penduduknya adalah orang Indonesia yang dulunya dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda untuk dijadikan buruh. Tak heran jika disini, Bahasa Indonesia dijadikan sebagai sebuah program studi.

2. Hawaii

Di negara yang eksotis ini ternyata terdapat beberapa universitas yang mempelajari Bahasa Indonesia. Bahkan, pengajarnya rela terbang langsung ke Indonesia untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Indonesia.

Infografis negara penghasil wanita cantik di Asia Tenggara

3. Korea Selatan

Salah satu universitas Top di Korea Selatan, yaitu Hankuk University, menyediakan program studi Bahasa Indonesia. Bahkan salah satu pengajarnya adalah orang asli Indonesia, yaitu Tengsoe Tjahjono.

4. Ukraina

Negara yang tengah berseteru dengan Rusia ini ternyata memiliki sebuah universitas yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu program studinya. Universitas tersebut adalah Taras Shevcenko National University of Kyiv.

5. Vietnam

Sejak tahun 2007, di negara Vietnam sudah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa keduanya. Hal ini karena adanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam.

6. Australia

Negara tetangga kita, Australia, juga menerapkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu program studinya. Program studi Bahasa Indonesia dapat anda temukan di University of Southern Queensland.

7. Jepang

Negara Jepang juga menjadi salah satu negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia di kampusnya. Salah satu universitas di Jepang, yakni Tokyo University of Foreign Studies (TUFS). Disini, program studi Bahasa Indonesia cukup diminati.

8. Kanada

Negara Kanada juga memiliki program studi Bahsa Indonesia di beberapa tempat kursus. Hal ini dikarenakan banyaknya warga Indonesia yang tinggal di negara ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini