Share

Beruntunglah Indonesia, Ini 5 Negara yang Tidak Punya Gunung

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 17 April 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 16 408 2579971 beruntunglah-indonesia-ini-5-negara-yang-tidak-punya-gunung-oSqURv15pu.JPG Lithuania, salah satu negara yang tidak memiliki gunung (Foto: Instagram/@vytas_neviera)

5 NEGARA yang tidak punya gunung. Permukaan bumi ini memiliki relief yang beragam mulai dari pantai, lembah, laut, bukit, gunung, dan daratan. Setiap negara memiliki relief yang beragam dan berbeda-beda.

Perlu diketahui, jarang ada negara yang tidak memiliki gunung di wilayahnya. Namun, ada beberapa negara dimana penduduknya, jika ingin hiking atau mendaki gunung, harus pergi ke luar negeri.

Lantas, negara mana saja yang tidak memiliki gunung? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini. Dilansir dari The World Geography, ada 5 negara yang tidak memiliki gunung, di antaranya;

Belarus

Belarus adalah negara yang ada di benua Eropa. Negara satu ini pada umumnya memiliki relief dataran dan berbukit. Rata-rata tinggi daratannya berada di 160 meter di atas permukaan laut, sedangkan titik tertingginya mencapai setinggi 345 meter. Relief negara ini cocok untuk pemukiman penduduk, pertanian, pembangunan perusahaan industri dan penyediaan layanan pariwisata dan rekreasi.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Lithuania

Masih di Eropa, Lithuania adalah wilayah yang memiliki dataran rendah dan dataran tinggi saja. Daerah tertingginya adalah Bukit Aukštojas dengan ketinggian 294 meter yang berada di bagian timur negara itu. Kawasannya memiliki banyak danau dan lahan basah, dan zona hutan campuran mencakup hampir 33 persen negara.

Latvia

Latvia terletak di pantai timur Laut Baltik. Negara ini masuk dalam kawasan Eropa Utara,berbatasan langsung dengan Estonia dan Lithuania. Sekitar 98 persen kawasan negara ini terletak di bawah ketinggian 200 meter.

Dataran bergelombang menutupi 75 persen wilayah Latvia yang cocok untuk pertanian. Sedangkan 25 persen wilayahnya terletak di dataran tinggi perbukitan berukuran sedang yang memiliki titik tertinggi 312 meter.

Estonia

Tidak ada gunung di Estonia. Ketinggian rata-rata negara ini hanya mencapai 50 meter dan titik tertinggi negara ini adalah Suur Munamägi yang terletak di tenggara Estonia yang memiliki ketinggian 318 meter.

Hutan Estonia menutupi setengah negara dan merupakan rumah bagi berbagai satwa liar yang indah termasuk beruang, serigala, lynx, tupai terbang, babi hutan, rusa, dan rusa. Estonia memiliki ribuan lahan basah, beberapa di antaranya berusia lebih dari 3.000 tahun.

Denmark (tanpa Kepulauan Faroe dan Greenland)

Denmark tidak memiliki pegunungan, tidak termasuk dua negara konstituen tambahan di luar negeri, seperti Kepulauan Faroe di Atlantik Utara dan Greenland di Amerika Utara. Negara ini datar dengan sedikit ketinggian, memiliki ketinggian rata-rata 31 meter di atas permukaan laut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini