Share

Libur Lebaran 2022, Sleman Optimisitis Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Antara, Jurnalis · Senin 18 April 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 406 2580239 libur-lebaran-2022-sleman-optimisitis-bisa-dongkrak-kunjungan-wisatawan-1n74a3Un0M.jpg Ilustrasi traveling (dok. Freepik)

DINAS Pariwisata Kabupaten Sleman optimistis libur Lebaran tahun ini yang durasinya cukup panjang akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Dalam dua tahun terakhir kondisi pariwisata di Sleman sedang terpuruk akibat bencana nonalam pandemi Covid-19.

"Libur cuti bersama lebaran tahun ini selama 10 hari, dan ini cukup panjang. Sedangkan pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 yang tidak terlalu lama saja, peningkatan hunian hotel di Sleman rata-rata 52 persen sampai dengan 95 persen dan tingkat kunjungan wisatawan pada destinasi wisata juga naik sekitar 30 persen sampai dengan 75 persen," Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono di Sleman.

 infografis

Pemerintah telah mengumumkan cuti bersama pada 29 April dan 4 sampai dengan 6 Mei 2022, serta penetapan libur lebaran pada 2 dan 3 Mei 2022, dengan jumlah hari libur 10 hari jika terhitung termasuk hari libur Sabtu dan Minggu.

"Libur cuti bersama Hari Raya Lebaran tersebut merupakan angin segar bagi pergerakan sektor pariwisata di Kabupaten Sleman. Pada saat ini hotel dan restoran di Sleman sebagian besar menyediakan paket buka bersama untuk grup maupun perorangan dan tingkat keterisian untuk buka bersama setiap hari meningkat dan tren setiap akhir pekan selalu 'full booked'," katanya.

Suparmono mengatakan, dalam persiapan menghadapi liburan Lebaran dan cuti bersama pengelola hotel optimistis terjadi peningkatan sekitar 20 persen dari Liburan Natal dan tahun baru 2022.

"Pada pekan ini okupansi beberapa hotel untuk liburan lebaran dan cuti bersama sudah sekitar 40 persen dan di prediksi akan meningkat sampai libur lebaran dan cuti bersama tiba, selain itu juga beberapa hotel juga sudah optimis terisi penuh untuk libur lebaran dan cuti bersama," katanya.

Dalam kesempatan itu Suparmono mengatakan, dengan tetap mengedepankan konsistensi terapan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19, pengelola destinasi pariwisata di wilayah Kabupaten Sleman telah melakukan persiapan dalam menyambut libur Lebaran.

"Semangat kami adalah, menjadi tuan rumah yang baik dan bertanggung jawab kepada wisatawan yang berkunjung ke Sleman. Wisatawan pulang dari Sleman harus puas dan senang, jangan sampai ada keluhan," kata Suparmono.

Menurut dia, pihaknya telah memberikan arahan kepada para pelaku wisata, pengelola destinasi wisata, pelaku usaha jasa pariwisata, termasuk juru parkir untuk benar-benar memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

"Jangan sampai ada keluhan masalah tarif parkir, masalah kuliner atau oleh-oleh makanan khas dan lainnya," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini