Share

Indahnya Masjid Karya Ridwan Kamil di Padalarang, Jadi Tempat Favorit Ngabuburit Warga

Adi Haryanto, Jurnalis · Senin 18 April 2022 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 408 2580236 indahnya-masjid-karya-ridwan-kamil-di-padalarang-jadi-tempat-favorit-ngabuburit-warga-c2oQRZgsj7.jpg Masjid Al Irsyad (dok MPI/Adi Haryanto)

JAUH sebelum menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, sosok Ridwan Kamil telah dikenal sebagai seorang arsitektur andal. Beragam karya rancang bangun Ridwan Kamil telah banyak ditemui di berbagai tempat, bukan hanya di dalam tapi juga luar negeri.

Salah satu hasil karya Ridwan Kamil yang cukup monumental adalah bangunan ikonik Masjid Al Irsyad di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Masjid tanpa kubah yang diresmikan pada 2010 itu masih berdiri kokoh dan menjadi tempat favorit warga untuk beribadah.

Berlokasi di kawasan kompleks perumahan elite, Masjid Al Irsyad dengan kapasitas ruangan dalam sebanyak 1.500 jamaah ini selalu ramai dengan kegiatan keagamaan. Terlebih selama bulan Ramadhan, banyak warga yang memanfaatkannya untuk tadarus, salat berjamaah, atau menikmati suasana sambil ngabuburit.

infografis

Hal itu bisa terlihat setiap setelah sholat Ashar dan menjelang Magrib, banyak warga beraktivitas di masjid yang mengusung konsep sebagai green mosque atau masjid hijau itu. Banyaknya pepohonan hijau di sekelilingnya menjadikan lingkungan masjid menjadi asri dan sejuk, sehingga membuat nyaman para jamaah.

Ketua DKM Al Irsyad Ahmad Hairuddin Murtani mengatakan, banyak masyarakat yang menggelar tadarus dan menunggu waktu berbuka dengan kegiatan keagamaan lainnya. Hal itu membuat suasana Ramadhan di Masjid Al Irsyad menjadi lebih hidup, terutama di saat hari libur atau akhir pekan. Pihaknya tetap meminta jamaah disiplin prokes, meski untuk salat sudah tidak menerapkan lagi jaga jarak.

Menjelang Magrib, kata Ahmad Hairudin Murtani, banyak warga yang tadarus dan ingin salat berjamaah di sini. Makanya setiap hari pihaknya selalu siapkan makanan 100 boks takjil, air minum kemasan, kurma, untuk yang berbuka. Itu belum termasuk sumbangan makanan dari jamaah, yang kalau ditotalkan sehari bisa 150-200 boks makanan disajikan. BACA JUGA: Dishub KBB Klaim Pembangunan Flyover Padalarang Tekan Kemacetan hingga 30 Persen

"Selain warga sini, terkadang ada juga warga luar yang sengaja datang untuk beribadah di masjid ini sambil menikmati suasananya yang asri," kata Ketua DKM Al Irsyad.

Menurut Ahmad Hairuddin Murtani, selama Ramadan kali ini di Masjid Al Irsyad digelar sholat Tarawih dengan dua sesi untuk yang 11 dan 23 rakaat. Kultum dengab durasi waktu 10 menit dilakukan sebelum Tarawih dan setelah sholat Subuh. Tadarus digelar setiap hari, majelis taklim pengajian juga ada, seperti yang dilakukan DT Peduli setiap Kamis pukul 09.00-11.00 WIB.

"Alhamdulilah setiap sholat Tarawih tidak kurang dari 500 jamaah hadir. Bahkan kalau hari libur bisa lebih. Tapi ya itu tadi karena masih pandemi Covid-19, meski KBB sudah Level 2, prokes selalu kami ingatkan ke jamaah. Minimal memakai masker," ujar Ahmad Hairuddin Murtani.

Eno (35) warga Cimahi, mengaku sering beribadah di Masjid Al Irsyad, Kota Baru Parahyangan, bersama keluarganya saat ada waktu luang. Eno merasa nyaman dan menikmati suasana masjid yang sejuk dan asri karena banyak pohon dan rumput hijau di sekeliling masjid.

"Kalau ada waktu luang sama keluarga suka sengaja salat di Masjid Al Irsyad. Jadi bisa ibadah sekalian refreshing menikmati suasana juga, apalagi bulan puasa, bisa sambil ngabuburit," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini