Share

7 Destinasi Wisata di Jalur Pantura, Cocok untuk Disinggahi Pemudik yang Melepas Penat

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 18 April 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 408 2580281 7-destinasi-wisata-di-jalur-pantura-cocok-untuk-disinggahi-pemudik-yang-melepas-penat-WbAmZq8KmJ.jpg Ilustrasi traveling (dok. Freepik)

JELANG Idul Fitri, mudik menjadi aktivitas yang biasa dilakukan oleh warga +62 di saat lebaran, dimana banyak dari masyarakat yang berbondong-bondong pulang kampung dengan menggunakan transportasi darat.

Para pemudik darat tentu tidak asing dengan jalur Pantura, yang kerap dijadikan rute favorit karena jalannya yang melintasi dan menghubungkan berbagai kota di Pulau Jawa.

Jika kamu ada rencana mudik dengan transportasi darat melalui jalan yang terletak di Pantai Utara Pulau Jawa itu, berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan rekomendasi 7 destinasi wisata yang cocok untuk disinggahi di jalur Pantura.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Adalah masjid yang konon merupakan Masjid Agung terbesar di Pulau Jawa dan menjadi salah satu kebanggaan warga Jawa Tengah. Mengunjungi masjid yang terletak di Semarang ini tentu cocok bagi para pemudik darat yang lewat jalur pantura.

Selain bisa menjadi tempat beribadah, bangunan arsitektur masjid yang cantik dengan perpaduan gaya Jawa, Islam, Romawi hingga Yunani membuat Masjid Agung Jawa Tengah juga sangat layak untuk dijadikan tempat singgah melepas penat bahkan wisata ‘dadakan’.

2. Pantai Alam Indah Tegal

Objek yang terletak di Kota Tegal ini merupakan salah satu destinasi wisata yang patut disinggahi saat melintas di jalur transnasional tersebut. Lokasiya sendiri tidak jauh dari jalur pantura Tegal.

Selain menawarkan keindahan alam lautan lepas dan matahari tenggelam, pengunjung juga bisa belajar sejarah kedirgantaraan di anjungan pantai yang terdapat Museum Dirgantara, bangunan bersejarah terkait dunia penerbangan RI.

Bagi yang ingin sekalian berwisata pun bisa banget, karena di kawasan Pantai Alam Indah kalian akan di suguhkan fasilitas seperti waterboom, berkuda hingga wahana mainan anak!

 infografis

3. Museum Batik Pekalongan

Meskipun banyak daerah di Indonesia yang memproduksi Batik, namun Pekalongan adalah salah satu yang disebut sebagai Kota Batik. Hal ini karena selain produk batik nya yang punya ciri khas tersendiri, Pekalongan juga punya Museum Batik yang berlokasi di Jalan Jetayu No.1.

Selain belajar tentang dunia perbatikan, kamu juga dapat menyaksikan dan bisa membeli berbagai macam batik dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Cocok banget kan buat melepas penat saat mudik di Pantura?

4. Lasem Tiongkok Kecil Rembang

Jika kamu mudik lewat jalur Pantura dan melintasi daerah Rembang, cobalah kunjungi pecinan yang sangat unik yang terletak di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem Rembang, dimana kawasan ini bahkan disebut sebagai Tiongkok Kecil karena benar-benar seperti miniatur China.

Ada banyak bangunan kuno peninggalan warga Tionghoa yang telah mendiami wilayah ini sejak abad 18 ini, dimana pengunjung juga bisa menemukan berbagai macam benda kuno seperti lemari dari kayu berukirkan 6 dewa dan sejarah Tiongkok yang telah berusia ratusan tahun.

Bangunan tersebut bahkan disewakan untuk beristirahat berikut sarapan paginya layaknya hotel pada umumnya, menjadikan Lasem Tiongkok Kecil Rembang cocok buat melepas penat setelah melintasi Jalur Pantura.

5. Kebun Teh Kemuning

Ingin melepas penat dengan mengunjungi daerah dataran tinggi yang hijau dan sejuk? Kebun Teh kemuning adalah jawabannya!. Destinasi wisata ini terletak kurang lebih 25 km sebelah timur kota Solo atau di Kabupaten Karanganyar.

Terletak di lereng gunung lawu, para traveller dan pemudik yang berada di kota Solo biasanya mengambil liburan atau mampir di Kebuh Teh Kemuning. Hawa yang dingin dan pemandangan alam hijau sangat cocok untuk liburan keluarga saat mudik lebaran bersama keluarga. Selain itu, bisa juga sekalian nge teh disini.

6. Air Terjun Ngelirip Tuban

Selain Kebun Teh Kemuning, pemudik ataupun wisatawan yang ingin melepas penat usai melintasi Jalur Pantura dengan yang segar-segar, bisa mengunjungi wahana Air Terjun Ngelirip yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur.

Aksesnya cukup mudah jika ingin singgah disini karena tempatnya yang berada di jalur alternatif, tepatnya di Pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Guyuran air yang berasal dari Hutan Karawak ini dijamin mampu menghilangkan letih dan penat setelah menempuh perjalanan jauh serta memberikan sensasi kesegaran.

7. Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Jika anda mudik sampai ke ujung timur Pulau Jawa atau bahkan lebih, wajib nih untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran yang disebut-sebut sebagai Afrika nya Pulau Jawa yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur.

Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah sekitarnya yaitu Gunung Baluran. Disinilah traveller dan pemudik bisa menikmati Taman nasional yang terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Benar-benar seperti miniatur Afrika yang cocok untuk melepas penat saat mudik!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini