Share

10 Masjid Punya Arsitektur Cantik di Eropa, Wisata Religi Islami Benua Biru

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 18 April 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 17 408 2580284 10-masjid-punya-arsitektur-cantik-di-eropa-wisata-religi-islami-benua-biru-Bs7obCw8kb.jpg Ilustrasi masjid (dok. Freepik)

MASJID menjadi destinasi wisata religi lewat keindahan ataupun keunikan arsitekturnya, serta sejarah yang melatarbelakangi pembangunannya.

Hal itu sebagaimana masjid-masjid yang terdapat di Eropa, yang rata-rata memiliki arsitektur cantik serta sarat akan sejarah dan nilai filosofis terkait bangunannya.

Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan daftar 10 masjid dengan arsitektur cantik di Eropa yang juga menjadi destinasi wisata religi Islami Benua Biru tersebut.

1. Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea

Selama ini, Italia terkenal dengan Colosseum nya sebagai salah satu bangunan bersejarah yang punya arsitektur cantik. Ternyata di negara dengan mayoritas penduduk beragama Katolik ini pun terdapat masjid yang sangat megah.

Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea namanya. Menariknya, arsitektur dari masjid ini pun berbentuk gaya Romawi Kuno. Masjid estetik ini juga menjadi pusat kebudayaan Islam di Italia lho, jika ke negara pisa ini jangan lupa mampir ya.

 infografis

2. Grande Mosquee de Paris

Selanjutnya Anda bisa menengok Grande Mosquée de Paris yang berlokasi di kawasan Arondisemenre, Paris. Masjid ini dibangun oleh pemerintah setempat sebagai bentuk apresiasi kepada umat Islam di negara tersebut. Ini karena dulu masyarakat Muslim di Paris pernah membantu melawan pasukan Jerman pada Perang Dunia I.

Selain jadi Islamic Center-nya Paris, di sekitar masjid ini juga terdapa beberapa restoran yang menyajikan menu hidangan halal. Misalnya nasi khas Maroko, kemudian disajikan dengan teh panas rasa mint. Tak hanya itu, arsitekturnya juga cantik dengan interior khas Prancis.

3. London Central Mosque

London dikenal dengan bangunan-bangunan Gereja, Katedral dan sebagainya yang unik. Namun tak hanya itu saja, ada juga London Central Mosque yang menjadi tempat persinggahan umat Islam di ibu kota Inggris tersebut.

London Central Mosque berlokasi di Regent’s Park atau berada di sekitar kawasan elite di sana. Masjid ini khusus dibangun oleh pemerintah setempat sebagai tanda terima kasih kepada umat Islam yang telah membantu pasukan Inggris di Perang Dunia II, sama seperti Grande Mosquee di Paris.

4. Islamisches Zentrum Wien

Ibu Kota Austria yakni Wina pun juga memiliki masjid yang sangat unik. Islamisches Zentrum Wien namanya. Bangunannya megah dengan arsitektur cantik perpaduan Timur Tengah dan Eropa yang didominasi dengan warna putih.

Masjid ini memiliki menara setinggi 32 meter dan terdapat tiga lantai dan mampu menampung kurang lebih sebanyak 2.000 jamaah. Tak heran dengan kapasitasnya itu, bangunan ini menjadi pusat studi atau Islamic Center di Austria sekaligus salah satu destinasi wisata religi Islami terkenal Eropa.

5. Moscow Cathedral Mosque

Rusia punya beberapa bangunan masjid, dimana salah satunya adalah masjid megah yang bernama Moscow Cathedral Mosque. Letaknya ada di sebelah Stadion Olimpiade Katedral, sehingga masyarakat setempat menamainya demikian.

Selain arsitekturnya yang cantik, Moscow Cathedral Mosque memiliki fasilitas lengkap yakni ada perpustakaan, pendidikan Islam, dan bangunan modern seperti lift untuk penyandang distabilitas.

6. Saint Petersburg Mosque alias Masjid Biru

Selanjutnya di Kota Saint Petersburg, Rusia, juga terdapat sebuah masjid megah dengan arsitektur cantik yang didominasi dengan nuansa biru, sehingga masjid tersebut juga disebut Masjid Biru Rusia.

Selain arsitektur yang cantik, masjid ini juga punya bangunan megah dengan tiga menara. Tak hanya itu, masjid yang punya nama asli Saint Petersburg Mosque ini juga lekat dengan kita sebagai Bangsa Indonesia lho, dimana masjid ini dibangun dan dirawat sedemikian rupa atas permintaan Presiden Soekarno.

7. Sultan Ahmed Mosque

Sultan Ahmed Mosque menjadi salah satu masjid yang sangat terkenal di Eropa. Berlokasi di Kota Istanbul, Turki, masjid ini menjadi sebuah pertanda kekuasaan kekaisaran bersejarah era Ottoman.

Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I yang kemudian menjadi nama masjid tersebut. Arsitekturnya yang cantik dan megah adalah simbol dari kejayaan peradaban Islam kala itu.

8. Cologne Central Mosque

Selama ini, Jerman dikenal sebagai Negara yang kerap melahirkan ilmuan, teknologi, hingga prestasi di dalam bidang olahraga, termasuk para ahli arsitektur bangunan. Hal itu tercermin dari salah saru bangunan masjid yang ada disana yaitu Cologne Central Mosque.

Masjid ini memiliki bangunan futuristik, karena bentuk kubahnya sangat modern. Selain itu, bangunan yang sebagian besar dari bahan kaca ini juga megah dan mampu menampung 10.000 jamaah.

9. Mezquita de Gordoba

Dari Jerman beralih ke Spanyol, dimana Negara di Eropa Selatan ini punya masjid yang megah dan bersejarah yakni Mezquita de Gordoba atau disebut Masjid Kordoba, yang menjadi saksi bisu kejayaan peradaban Islam di masa lalu yang sampai ke Andalusia (re : nama Spanyol dahulu kala).

Struktur masjid ini dianggap sebagai monumen penting dalam sejarah arsitektur Islam dan dianggap oleh banyak ahli sebagai sangat berpengaruh pada arsitektur "Moor" di wilayah Mediterania Barat dari dunia Islam.

Kecantikan arsitektur serta nilai sejarahnya membuat bangunan ini dinobatkan sebagai salah satu monumen bersejarah dan tempat wisata utama di Spanyol, serta resmi terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1984.

10. Akhmad Kadyrov Mosque

Keberadaan Islam di Republik Ceko dikenal cukup kuat. Hal itu terbukti dari Central Dome Grozny yang terletak di Grozny, ibu kota Negara pecahan Rusia ini, yang menggunakan nama Akhmad Kadyrov.

Nama masjid ini diambil dari nama mendiang presiden dan tokoh spiritual Chechnya yang terbunuh pada tahun 2004 lalu. Akhmad Kadyrov juga merupakan ayah dari Presiden Chechnya saat ini, Ramzan Kadyrov, yang meresmikan Masjid Akhmad Kadyrov pada 17 Oktober 2008.

Bangunan ini dulunya adalah bekas bangunan markas besar partai komunis, kemudian diganti menjadi masjid. Masjid Akhmad Kadyrov memiliki bangunan menara setinggi 63 meter, kemudian memiliki fasilitas madrasah, asrama, dan badan kajian Islam. Jika ke Eropa khususnya ke Republik Ceko, jangan sampai lupa mengunjungi nya ya!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini