Share

5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Kota Solo, Cocok Buat Nunggu Buka Puasa

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 408 2580760 5-rekomendasi-tempat-ngabuburit-asyik-di-kota-solo-cocok-buat-nunggu-buka-puasa-tyokwGMZh2.JPG Taman Balekambang, salah satu tempat ngabuburit asyik di Kota Solo (Foto: Instagram/@ashari.riri)

SURAKARTA atau biasa disebut Solo memang bukan kota besar layaknya Jakarta. Tapi tentu saja bukan berarti kota yang terdapat Keraton Kasunanan itu tak memiliki tempat-tempat menarik untuk dikujungi.

Khususnya ketika bulan suci Ramadan tiba. Jangan dikira akan sulit menemukan lokasi ngabuburit demi membunuh waktu jelang berbuka puasa.

Ada sederet tempat yang cocok dijadikan lokasi bersantai sambil menunggu adzan maghrib berkumandang. Dari mulai menikmati suasana yang tenang hingga berburu takjil berbuka pun bisa didapat di beberapa kawasan berikut ini!

1. Benteng Vastenburg

Solo dikenal dengan setiap sudut bangunan yang masih terkesan kuno. Salah satunya ada Benteng Vastenburg di kawasan Pasar Kliwon.

Benteng Vastenburg ini memiliki beberapa sisi bangunan klasik nan estetik sehingga cocok dijadikan spot foto. Menjajakan kaki di tempat satu ini seolah akan membawamu kembali pada zaman Belanda.

Benteng Vastenburg
(Foto: Instagram/@ikaawhy_)

2. Boulevard/Gerbang Depan UNS

Siapa gemar berburu takjil sembali menunggu adzan maghrib? Cobalah untuk melipir sejenak ke Gerbang Depan UNS. Kamu akan menemukan deretan pedagang makanan ringan hingga berat dari mulai jalanan sebrang gedung rektorat UNS hingga gerbang depan.

Jika kamu mennyambangi kawasan ini, siap-siap menahan diri agar tak lapar mata. Pasalnya, beragam takjil mengunggah selera bisa kamu temukan seperti misalnya es pisang hijau, es kapal, bola-bola mie, cakwe, sosis bakar, sate ayam, dan masih banyak lagi.

3. Taman Cerdas Jebres

Bagi yang suka bersantai dengan suasana tenang, Taman Cerdas Jebres bisa menjadi pilihan. Walaupun tak begitu luas, taman ini cukup nyaman lantaran banyak terdapat tanaman.

Anak-anak maupun orang dewasa bisa berfoto di beberapa spot menarik seperti patung dinosaurus, lukisan 3 dimensi, dan masih banyak lagi. Selain itu, Taman Cerdas Jebres juga menyediakan area bermain untuk anak selayaknya taman pada umumnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Gladag Langen Bogan Solo (Galabo)

Satu lagi lokasi berburu makanan buka puasa di Solo yang sayang jika dilewatkan yakni Gladag Langen Bogan Solo alias Galabo. Beragam kuliner lezat bisa ditemukan di sini, termasuk pula hidangan khas solo.

Lokasi Galabo cukup strategis sehingga kamu juga dapat menghampiri tempat menarik lain yang tak jauh dari sana, salah satunya ada Pasar Gedhe. Di sana kamu bisa lanjut berburu takjil atau sekedar berfoto di pasar yang area sekitarnya punya nuansa klasik khas kota Solo.

5. Taman Balekambang

Taman Balekambang cukup populer di Surakata. Taman yang belokasi di Jalan Balekambang, Kecamatan Banjarsari ini terdapat nuansa perpaduan Jawa dan Eropa.

Ngabuburit di Taman Balekambang akan terasa seru lantaran banyak aktivitas yang bisa dicoba. Seperti misalnya saja melihat beragam hewan, salah satunya adalah rusa-rusa lucu nan menggemaskan.

Selain itu, kawasan taman ini terbilang cukup asri sehingga mampu membuat pengunjung betah berlama-lama.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini