Share

Direnovasi, Museum Timah Indonesia Berusia Lebih Seabad Ditutup Sementara

Antara, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 406 2581432 direnovasi-museum-timah-indonesia-berusia-lebih-seabad-ditutup-sementara-9RYbmXZqGx.JPG Museum Timah Indonesia ditutup sementara untuk renovasi (Foto: ANTARA/Aprionis)

MUSEUM Timah Indonesia (MTI) di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menutup sementara kunjungan wisatawan selama gedung bersejarah itu direnovasi guna menjaga kenyamanan pengunjung di destinasi wisata sejarah itu.

"Kita kembali melakukan perawatan dan pemeliharaan gedung MTI, sehingga belum bisa melayani kunjungan wisatawan dan masyarakat," kata Kepala MTI Muntok, Fakhrizal.

Menurutnya, bangunan MTI Muntok yang berdiri sejak 1915 ini dilakukan direnovasi dalam rangka perbaikan dan perawatan bangunan.

Infografis Museum di Jakarta

Untuk menjaga kenyamanan pengunjung, pihak MTI Muntok meniadakan sementara jadual kunjungan ke museum tersebut.

"MTI Muntok merupakan salah satu destinasi wisata di Bangka Barat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, namun dengan adanya renovasi gedung ini, maka untuk sementara MTI tidak melayani kunjungan pengunjung," katanya.

Meskipun pihaknya menutup kunjungan untuk umum ke MTI Muntok, bila ada pengunjung dalam kondisi mendesak seperti untuk penelitian pihaknya akan memberikan toleransi. Namun jumlah pengunjung tidak lebih dari sepuluh orang.

“Museum sedang dalam perbaikan namun untuk kondisi tertentu kami memberikan toleransi dengan meminta izin terlebih dahulu bagi pengunjung yang ingin datang. Itu pun tidak lebih dari 10 orang,” katanya.

Ditambahkannya, MTI Muntok memiliki beberapa galeri seperti galeri Perang Dunia II, galeri sejarah penambangan timah, dan beberapa galeri menarik lainnya untuk dikunjungi wisatawan.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ini, dengan melakukan beberapa inovasi dan terobosan untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengunjung ini," kata Fakhrizal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini