Share

Desa Wisata Bisa Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga: Simbol Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Antara, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 406 2581975 desa-wisata-bisa-ciptakan-lapangan-kerja-sandiaga-simbol-kebangkitan-ekonomi-indonesia-3eT60I6F30.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pertumbuhan desa wisata adalah simbol dari kebangkitan perekonomian Indonesia.

"Tumbuh dan berkembangnya desa wisata akan meningkatkan penghasilan masyarakat, baik di lapangan pekerjaan maupun pelaku UMKM, sehingga menjadikan perekonomian Indonesia bangkit," ujar Sandi dalam kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata di 8 Desa di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, lewat keterangan resmi yang diterima.

Ia menganggap desa wisata menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman unik bagi wisatawan dengan ciri khas produk lokal maupun atraksi daerah masing-masing.

Infografis Desa Wisata Adat Indonesia

Sandi memandang perlu peningkatan pariwisata yang berkualitas guna menumbuhkan kepercayaan para pelancong. Dalam meraih pariwisata yang berkualitas, kata dia, dibutuhkan pariwisata berbasis sapta pesona, CHSE (cleanliness, health, safety, and environment sustainability), dan pelayanan prima.

"Ini adalah fondasi bagaimana sebuah desa atau daerah bisa meningkatkan quality tourism-nya. Saya berkali-kali berkunjung ke Samosir dan merasakan bahwa Samosir memiliki keindahan alam. Maka, ini harus dilengkapi lebih prima lagi," terang dia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt.) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Fransiscus Xaverius Teguh mengatakan, program sosialisasi sadar wisata ditujukan guna memicu pengelola desa wisata kian siap meningkatkan kualitas pariwisata serta menjaga kepercayaan wisatawan.

"Desa wisata kita mampu menawarkan pengalaman yang holistik. Ini pasti bisa diperoleh bilamana desa wisata mampu mempertahankan kearifan lokal, nilai budaya, dan sekaligus memperkuat model pelayanan kita," ujar Fransiscus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini