Share

Deretan Pemimpin Negara Ini Punya Banyak Istri, Ada yang Sampai 700 Orang!

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 406 2582114 deretan-pemimpin-negara-ini-punya-banyak-istri-ada-yang-sampai-700-orang-aenh397uPa.JPG Mantan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma dan para istrinya (Foto: AFP)

BAGI suatu negara, seorang pemimpin merupakan aspek paling penting. Sebab, dialah faktor penentu mau dibawa ke mana negara yang dipimpinnya.

Seorang pemimpin yang baik tentu akan menuai rasa cinta, hormat bahkan kekaguman dari rakyatnya. Lain cerita jika pemimpin itu memiliki perangai buruk, atau hobi nyeleneh yang justru jadi sorotan dan memantik reaksi negatif dari rakyatnya.

Lazimnya seorang presiden atau pemimpin negara didampingi oleh seorang ibu negara. Nah, apa jadinya jika sang pemimpin itu justru memiliki istri lebih dari satu alias poligami.

Bagi kebanyakan kaum hawa, berpoligami tidak disukai. Biar enggak makin penasaran, berikut sejumlah pemimpin negara yang memiliki banyak istri, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Raja Solomon (Israel)

Raja bijaksana yang memimpin Israel ini konon memiliki 700 istri dan 300 orang selir. Entah bagaimana ia dapat memiliki istri sebanyak itu.

Namun berdasarkan informasi dari berbagai literatur, pernikahannya dengan ratusan perempuan itu dilatari oleh ekspansi kerajaan. Namun, istri Solomon paling populer ialah putri dari Firaun.

Raja Mongkut Rama IV

(Raja Mongkut Rama IV, Foto: Getty Images)

Raja Mongkut Rama IV (Thailand)

Raja Mongkut Rama IV memimpin Thailand pada 1851-1868. Ia diketahui mempunyai 32 istri dan 82 anak. Pertanyaannya, bagaimana ia bisa memikat puluhan wanita itu sehingga mau jadi istrinya?

Asal tahu saja, pada zaman itu, seorang istri tak boleh hanya mengurusi urusan "ranjang", melainkan sekaligus sebagai alat politik, dalam artian kepanjangan tangan suami dalam mengatur urusan sosial kemasyarakatan maupun di lingkungan kerajaan itu sendiri.

Jacob Zuma (Afrika Selatan)

Pria bernama lengkap Jacob Gedleyihlekisa Zuma ini namanya sangat populer di Afrika Selatan. Zuma yang pernah dijebloskan ke penjara bersama tokoh penentang apartheid, Nelson Mandela selama 1 dekade itu juga pernah menjabat sebagai presiden selama 9 tahun.

Jacob Zuma

(Foto: Instagram/@presjgzuma)

Jacob Zuma menurut informasi, mempunyai enam istri, satu di antaranya sudah meninggal dunia. Keunikan Zuma tak hanya sampai di situ. Ia juga memiliki tiga ibu negara, yakni Nompumelelo Ntuli, Gloria Bongekile Ngema dan Nompumelelo Ntuli.

Menurut informasi terakhir, di usianya yang menginjak 80 tahun, Zuma telah bertunangan dengan gadis 27 tahun. Menarik dinanti, apakah gadis itu akan menjadi istri ketujuhnya atau hanya sebagai alat mencari sensasi saja.

King Abumbi II (Kamerun)

Lazimnya orang meninggal dunia yakni meninggalkan warisan. Warisan bisa berupa harta maupun takhta. Nah, bagi seorang raja di Bafut, Kamerun, mereka punya tradisi yang berbeda.

Ketika sang raja meninggal dunia maka para istrinya akan diwariskan kepada raja berikutnya. Maka tak heran, jika King Abumbi III sampai memiliki 100 orang istri plus 500 anak. Luar biasa kan!

Raja Abdullah bin Abdulaziz

(Foto: parhlo.com)

King Abdullah bin Abdulaziz (Arab Saudi)

Raja Arab Saudi ini memiliki 30 istri dan 35 anak. Kendati terdengar aneh dan tentu melanggar hukum Islam yang membatasi jumlah istri hanya 4 orang, akan tetapi sang raja juga memahami peraturan tersebut dan tidak menikahi para istrinya secara serentak.

Adapun alasan Raja Abdullah berpoligami ialah untuk kepentingan bersama. Melalui pernikahannya itu, ia membangun kerja sama politik karena perempuan yang dinikahinya kebanyakan wanita yang berasal dari suku dan keluarga terkemuka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini