Share

Awas! Bus Pariwisata Dilarang Parkir di Pantai Padang saat Libur Lebaran

Antara, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 406 2582710 awas-bus-pariwisata-dilarang-parkir-di-pantai-padang-saat-libur-lebaran-XV5T5G9g1i.JPG Kawasan wisata Pantai Padang (Foto: Instagram/@oniedaulat)

DINAS Perhubungan Kota Padang, Sumatera Barat memberlakukan kebijakan pelarangan parkir bagi bus pariwisata di Pantai Padang selama libur Lebaran mengantisipasi kemacetan di kawasan itu.

"Jadi bus pariwisata cukup mengantar penumpang kemudian parkir di lokasi parkir yang sudah di sediakan di bekas Kantor DKK Padang di Jalan Diponegoro," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Yudi Indra Sani.

Menurut dia, kebijakan ini diambil setelah memperkirakan kondisi saat libur lebaran yang akan ramai dikunjungi wisatawan dan pemudik.

"Jika penumpang hendak berangkat kembali bisa menghubungi sopir bus untuk dijemput kembali ke Pantai Padang," ujarnya.

Infografis Pantai Indrayanti

Ia mengatakan, jika kondisi cukup macet maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup.

Selain itu, untuk menciptakan keamanan Dinas Perhubungan juga mendirikan pos pelayanan di kawasan Danau Cimpago Pantai Padang bekerja sama dengan Polresta Padang.

"Kami juga memastikan tidak ada juru parkir liar yang mematok tarif parkir di atas ketentuan," kata dia.

Untuk parkir di Pantai Padang pihaknya berkoordinasi dengan musyawarah pimpinan kecamatan setempat melibatkan camat, Polsek dan Koramil hingga warga setempat. "Dengan demikian jika ada aksi pemalakan dan lainnya segera bisa diambil tindakan," kata dia.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Sebelumnya, Satpol PP Kota Padang juga fokus melakukan pembenahan Pantai Padang menyambut libur Lebaran 1443 Hijriah dengan melakukan penertiban pedagang kaki lima yang berjualan di lokasi yang dilarang.

"Pada lebaran tahun ini diperkirakan ada tiga juga perantau yang akan mudik ke Sumbar dan Pantai Padang merupakan salah satu destinasi favorit yang rutin dikunjungi," kata Kepala Satpol PP Kota Padang, Mursalim.


Menurut dia, sejak sebelum Ramadan cukup banyak bermunculan pedagang kaki lima dan jika tidak dilakukan penertiban jumlahnya akan bertambah banyak.

"Apalagi setelah Ramadan pada Agustus Padang juga ada acara besar yaitu tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini