Share

Mengenal Kartika Kasih, Gadis Batak yang Sukses Jadi Pramugari Emirates

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 406 2582724 mengenal-kartika-kasih-gadis-batak-yang-sukses-jadi-pramugari-emirates-EZGCBzPsNz.JPG Pramugari Emirates asal Indonesia, Kartika Kasih (Foto: Emirates)

EMIRATES dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan elit terbaik di dunia. Tahukah Anda, maskapai satu ini ternyata memiliki pramugari dari Indonesia?

Ya, ialah Kartika Kasih, gadis keturunan Batak yang berhasil meniti karier menjadi salah satu awak kabin, pramugari di maskapai sekelas Emirates.

Pilihan karier Kartika untuk menjadi pramugari ini bisa dibilang cukup anti mainstream di kalangan kultur keluarga Batak, yang biasanya dipenuhi karir dari bidang hukum seperti pengacara, jaksa, dan hakim.

Mengutip Archyworldys, perjalanan hidup Kartika menjadi pramugari di usia belia, masih 16 tahun ia memutuskan merantau meninggalkan keluarganya yang berdomisili di Batam untuk berkuliah di Singapura.

Lulus kuliah dari jurusan Hospitality and Tourism, Kartika cukup beruntung bisa langsung bekerja di Emirates sebagai pramugari.

Infografis Pramugari

Mantap menekuni karier sebagai pramugari maskapai internasional, di umur 21 tahun Kartika sudah yakin memutuskan untuk pindah ke Dubai, Uni Emirat Arab.

Menapaki karir sebagai pramugari, Kartika mulai dari bawah loh! Dua tahun pertama ia bertugas sebagai pramugari kabin kelas ekonomi.

Baru setelah dirasa memenuhi syarat, Emirates mempromosikan dirinya, naik jabatan menjadi pramugari yang melayani penumpang kelas bisnis.

Sebagai pramugari yang melayani penumpang kabin kelas bisnis, Kartika mengaku punya pengalaman unik. Salah satunya, momen tak terlupakan ketika ia harus terbang bersama burung elang sebagai penumpangnya.

“Momen yang paling berkesan bagi saya adalah saat menjadi bagian dari penerbangan yang kabin Business Class-nya penuh dengan burung elang!,” kata Kartika, seperti dikutip World Today News.

Selain terbang bersama burung elang sebagai penumpang, bagi Kartika bisa menjadi bagian dari tim Emirates Business Promotion di Dubai Airshow juga menjadi pengalaman berharganya.

Meski terpisah jauh dari sanak keluarga, hanya bisa bertemu secara virtual karena pandemi dan sering merasakan homesick, alias rindu kampung halaman.

Kartika mengaku bersyukur, pekerjaannya sebagai pramugari membuat dirinya jadi bisa mengunjungi banyak tempat, bertemu banyak orang baru, dan belajar tentang banyak hal baru.

“Berkesempatan untuk bepergian adalah salah satu bagian paling berharga dari pekerjaan ini. Ketika singgah, bisa mengunjungi banyak tempat. Saya bisa bertemu rekan kerja dari seluruh dunia, belajar tentang budaya yang berbeda, dan bekerja dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Sungguh pengalaman yang indah dan tak terlupakan,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini