Share

Kisah Masjid Keramat Koto Tuo Jambi, Tak Dimakan Api hingga Selamat dari Gempa Bumi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 408 2582586 kisah-masjid-keramat-koto-tuo-jambi-tak-dimakan-api-hingga-selamat-dari-gempa-bumi-BOw88T3KAj.JPG Masjid Koto Tuo Jambi (Foto: Kemdikbud.go.id)

SEJARAH Masjid Koto Tuo Jambi memang selalu menarik untuk dibahas. Ya, Masjid Keramat Koto Tuo Jambi merupakan salah satu yang populer di Kabupaten Kerinci, Jambi. Letak persisnya berada di Desa Koto Tuo, Pulau Tengah, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Menilik dari sejarahnya, Masjid Keramat Koto Tuo Jambi ini dibangun sekitar abad ke-18 dan merupakan masjid tertua di Kabupaten Kerinci. Ada kisah menarik dari masjid yang mendapat julukan 'Masjid Keramat' ini.

Mengutip dari situs Kementerian Agama, masjid ini dinamai 'Masjid Keramat' karena suatu alasan. Dari sejarah Masjid Keramat Koto Tuo Jambi, diriwayatkan bahwa rumah ibadah ini selalu terhindar dari bencana yang terjadi di desa tersebut.

Bencana-bencana itu mulai dari kebakaran hebat pada tahun 1903 dan 1939. Kemudian juga gempa bumi dahsyat dan terjadi pada tahun 1942 silam.

Infografis Wisata Religi di Jakarta

Takmir Masjid Keramat Koto Tuo Jambi, Ismail, menuturkan, momen kebakaran pertama yang menghanguskan desa. Saat itu di tahun 1903, penduduk Kerinci bertempur melawan penjajah yang menginjakkan kaki di Kerinci.

Pertempuran tak seimbang itu berakhir dengan gencatan senjata. Namun, enam bulan setelah ditandatangani perjanjian itu, pihak penjajah berkhianat dan melakukan aksi makar dengan membumihanguskan Desa Pulau Tengah.

Majid Keramat Koto Tuo Jambi ini pun tidak luput dari sasaran bumi hangus. Alhasil, bangunan-bangunan yang ada di desa seperti rumah-rumah penduduk di sekitar masjid, hancur menjadi puing-puing akibat lalapan api.

Tetapi, masjid tua yang seluruhnya terbuat dari kayu itu selamat tanpa kurang suatu apapun seakan tidak pernah terjadi sesuatu.

Kejadian serupa juga terjadi di tahun 1939. Kemudian keajaiban lainnya juga terjadi di tahun 1942, di mana itu masih dalam masa pendudukan Jepang.

Saat gempa dahsyat terjadi, seluruh bangunan yang ada di desa itu hancur menjadi puing-puing. Namun, lagi-lagi, masjid tersebut selamat dari bencana itu.

Masjid Keramat Koto Tuo Jambi ini lalu mendapat perhatian pemerintah dan dianggap sebagai peninggalan bersejarah.

Masjid yang semula terbuat dari kayu, oleh pemerintah kolonial, diganti dengan tembok yang permanen. Lalu, dinding dan lantainya menggunakan marmer yang langsung didatangkan dari negeri kincir angin.

Walau demikian, bentuk arsitekturnya tetap dipertahankan seperti bentuk aslinya. Demikian sejarah Masjid Keramat Koto Tuo Jambi yang sampai kini masih berdiri kokoh. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini