Share

7 Negara yang Juga Punya Batik Cantik Selain Indonesia, Ada Motif Gajah dan Burung Phoenix

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 408 2582990 7-negara-yang-juga-punya-batik-cantik-selain-indonesia-ada-motif-gajah-dan-burung-phoenix-e75xEJ8v3F.jpg Museum Batik Pekalongan (Antara/Kutnadi)

TERDAPAT 7 negara yang juga punya batik cantik selain Indonesia yang perlu diketahui.

Banyak orang mengetahui batik berasal dari Indonesia. Hal ini terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa.

Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Kesenian batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit dan terus berkembang dan menjadi warisan budaya yang diakui dunia.

Namun, ada 7 negara yang juga punya batik cantik selain Indonesia:

1. Srilanka

Dengan keindahan batik banyak ditemukan di luar negara Indonesia. Diantaranya adalah Srilanka yang saat ini menjadikan batik sebagai komoditas ekspornya. Serta banyak didatangi turis asing di kawasan Hikkaduwa's Galle Road.

2. China

Produk-produk dari China memang sudah sangat menjamur di beberapa negara, mulai dari mainan, produk kain hingga produk pakaian jadi semisal Batik.

Ilustrasi

Ternyata batik dibuat oleh masyarakat etnis di selatan atau barat China. batik di China juga menggambarkan sebuah cerita dan simbolisme seperti naga, burung phoenix, atau bunga.

3. Afrika

Berbeda dengan pembuatan batik di Indonesia, cara membuat batik di Afrika berbeda. Afika membuat batik dengan lumpur atau campuran pasta dari tepung untuk membentuk pola. Pasta yang paling sering digunakan adalah dari tepung singkong atau tepung beras.

 BACA JUGA: Dorong Madura Rebranding Jadi Pulau Kreatif, Sandiaga Uno: Batiknya Luar Biasa!

4. Malaysia

Sejak 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan bahwa batik merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi milik Indonesia. Tapi dalam perkembangannya, ada beberapa negara yang mengklaim bahwa mereka juga memiliki produk batik yang telah diwariskan turun temurun. Salah satunya adalah Malaysia. Batik dari Malaysia lebih didominasi oleh motif bunga-bunga.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

5. India

Batik di India dikenalkan oleh Rabindranath Tagore. Dalam pembuatannya pola atau gambar yang dibuat tak jauh dari simbol dewa dan keagamaan, misalnya seperti Ramayana atau Mahabarata.

6. Jepang

Batik sudah disukai oleh masyarakat Jepang sejak tahun 710-794. Jepang pun membuat kain batik Hokokai, yakni persilangan antara corak khas Indonesia dan Jepang.

 

7. Thailand

Batik juga dimiliki di Thailand yakni pembuatannya di Pulau Koh Samui. Ciri khas paling kentara adalah warnyanya yang bold dengan motif tumbuhan atau hewan. Salah satunya motif gajah yang dianggap sebagai hewan istimewa di sana

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini