Share

Daftar Harga Tempe di 5 Negara Selain Indonesia, Jadi Makanan Sultan!

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 301 2583616 daftar-harga-tempe-di-5-negara-selain-indonesia-jadi-makanan-sultan-JZ07ZEtOok.jpg Harga tempe di 5 negara (Pixabay)

HARGA tempe di 5 negara ini ternyata jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Tempe memang dikenal makanan asal Indonesia yang sangat populer bagi warga +62 karena mudah dijumpai dan sering dijadikan lauk pauk untuk bersantap.

Makanan yang terbuat dari kedelai ini pun dijual dengan harga yang terjangkau bahkan terbilang murah, dengan nominal pasarannya berada di kisaran Rp3000 sampai Rp8000 per satu potongan tempe panjang atau papan.

Namun tahukah Anda bahwa di luar negeri, tempe menjadi makanan “sultan” karena memiliki nilai jual yang mahal dan menjadi salah satu hidangan sehat.

Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan daftar harga tempe di berbagai negara!

1. Singapura

Negeri Jiran ini adalah salah satu negara yang penduduknya cukup banyak mengonsumsi tempe karena banyak WNI yang tinggal disana maupun faktor saudara serumpun sehingga seleranya masih mirip-mirip.

Ilustrasi

Harga tempe di 5 negara (Shutterstock)

Akan tetapi harga tempe di Negeri Singa mencapai lebih dari 2 kali lipat dari nilai jual di Indonesia lho yakni mencapai Rp21 ribu per potong!

2. Jepang

Seorang YouTuber asal Indonesia yang tinggal di Jepang sempat mengunggah konten yang menunjukkan kondisi tempe di Negeri Sakura itu. Ternyata selain kualitas tempe yang dijual tidak sebaik di tanah air, harganya pun lebih mahal lagi.

Untuk satu potongan kecil tempe yang seukuran 100 gram, dibanderol dengan harga mencapai 350 Yen atau sebesar Rp45 ribu. Lalu untuk mendapatkan tempe dengan kualitas lebih baik, membutuhkan teknik khusus karena Jepang tidak punya kelembapan seperti Indonesia, sehingga tentu berdampak pada harganya yang lebih mahal.

3. Arab Saudi

Negeri Timur Tengah yang banyak dikunjungi oleh WNI ini juga menjual tempe, namun dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia.

Hal itu terungkap dari konten YouTube Maulaa HR yang secara khusus mengunjungi supermarket yang menjual aneka makanan khas Indonesia, dimana satu papan tempe berukuran kecil dibanderol dengan harga Rp50.400, atau 10 kali lipat dari harga tempe pada umumnya di tanah air.

4. Inggris

Seorang peneliti tempe dari Negeri Ratu Elizabeth bernama Jonathan Agranoff menyebut bahwa tempe adalah makanan yang sangat mahal dan langka di Inggris. Hal itu membuatnya sampai belajar tempe secara khusus ke Indonesia lho!

Agranoff menyebut bahwa harga satu porsi tempe dihargai sebesar $20 atau sekitar Rp287 ribu! Kelezatan tempe serta kandungan nilai gizi nya serta sulitnya bahan baku pembuatan tempe yakni kedelai, adalah faktor yang membuat harga tempe di Inggris setara dengan makanan mewah itu.

Ilustrasi

5. Amerika Serikat

Salah seorang pelajar Indonesia bernama Tatjana Safira sempat mengungkap harga tempe di Negeri Paman Sam yang membuat ia melongo, pun demikian dengan netizen, melalui TikTok.

Tempe sebesar 226 gram atau kurang lebih 2 potong papan dihargai setara $26 atau sekitar Rp400 ribu-an. Hal itu membuat dirinya pun sampai bercanda untuk ingin menjadi juragan tempe di Amerika Serikat. Definisi makanan sultan sih! (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini