Share

Asyik! Daop 6 Yogyakarta Sediakan 5 Kereta Api Tambahan

Antara, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 406 2583338 asyik-daop-6-yogyakarta-sediakan-5-kereta-api-tambahan-9E2tWslhC1.jpg Ilustrasi kereta (dok Freepik)

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta siap melaksanakan operasional Angkutan Lebaran 2022 selama 22 hari, mulai 22 April-13 Mei. Mereka akan menambah lima kereta api tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Sebagai kesiapan menyambul operasional lebaran ini, dilaksanakan apel gelar pasukan di pintu timur Stasiun Tugu Yogyakarta, Jumat 22 April 2022.

“Apel gelar pasukan ini menandai kesiapan kami dalam menjalankan Angkutan Lebaran 2022. Selain operasional, kami juga harus memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang selama masa arus mudik dan balik,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto.

infografis

PT KAI Daop 6 Yogyakarta menerjunkan semua pegawai untuk mendukung masa Angkutan Lebaran 2022, yakni sebanyak 1.300 orang. Selain itu juga akan didukung 126 personel polsuska, tenaga keamanan 206 orang, dan bantuan dari TNI/Polri.

Untuk memastikan semua jalur aman, telah dilakukan berbagai persiapan. Salah satunya mewaspadai daerah rawan bencana di sepanjang jalur kereta api. Ada dua titik rawan yakni di Kaliyoso yang belum lama ini jalurnya terendam luapan air sungai.

”Amus (Alat material untuk siaga (AMU) sudah ditempatkan di 17 titik untuk memastikan penanganan apabila terjadi hambatan perjalanan kereta api bisa dilakukan lebih cepat,” katanya.

PT KAI juga menambah penjaga lima palang pintu dan juru penilik jalan. Seluruh kereta pun dalam kondisi siap untuk dioperasionalkan selama Angkutan Lebaran termasuk kereta tambahan.

“Direncanakan ada tambahan KA Jaka Tingkir. Jadi jumlah penumpang yang akan turun di Yogyakarta pun semakin bertambah,” katanya.

Sesuai data pembelian tiket, puncak kedatangan penumpang di Daop 6 Yogyakarta terjadi pada 29 April dengan sekitar 12.000 penumpang dan bisa bertambah hingga 15.000 penumpang jika ada tambahan perjalanan kereta tambahan.

Supriyanto mengingatkan calon penumpang untuk mematuhi berbagai syarat perjalanan dengan kereta api yang sudah ditetapkan pemerintah. Mereka yang sudah menjalani vaksinasi booster tidak perlu swab antigen ataupun PCR. Begitu juga untuk anak-anak 6-17 tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini