Share

Terungkap! Ini Berbagai Masalah Keselamatan Penerbangan yang Sering Dihadapi Pilot

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 24 April 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 406 2583691 terungkap-ini-berbagai-masalah-keselamatan-penerbangan-yang-sering-dihadapi-pilot-d9qcGNEbRn.JPG Ilustrasi pilot (Shutterstock)

BERBAGAI negara mulai melonggarkan perbatasannya menyusul melandainya kasus COVID-19, sehingga penerbangan internasional juga dibuka. Tapi, beberapa maskapai mengaku masih ada kendala yang mereka hadapi.

Pembatalan dan penundaan penerbangan masih sering terjadi. Serta insiden pelecehan dalam penerbangan kian melonjak di tengah lingkungan penerbangan komersial, padahal kelas pesawat itu terbilang cukup mahal.

 BACA JUGA: Catat! Anak Usia 6-17 Tahun Mudik Naik Pesawat Tak Perlu Antigen, Asal Penuhi Syarat Ini

Pembatalan massal yang disebabkan oleh kondisi cuaca, serta permintaan yang kuat untuk perjalanan udara. Sementara maskapai masih berjuang untuk pulih dari dampak pandemi, di mana pada bisnis ini sebagai sumber utama yang berkontribusi terhadap meluasnya kelelahan di kokpit.

 

Melansir dari BestLife, sejumlah pilot memperingatkan bahwa kondisinya akan semakin memburuk sebagai akibat dari masalah yang semakin parah. Hal ini telah diperingatkan oleh pilot dari maskapai Southwest Airlines dan Delta Air Lines.

 BACA JUGA: Dear Traveler, Ini 5 Tips Upgrade Kelas Pesawat Secara Gratis!

Pilot maskapai penerbangan komersial membunyikan alarm tentang bahaya keselamatan yang signifikan.

"Kelelahan, baik akut maupun kumulatif, telah menjadi ancaman keselamatan nomor satu Southwest Airlines," jelas Asosiasi Pilot Southwest Airlines (SWAPA) kepada petinggi maskapai.

Selanjutnya, dalam surat kepada eksekutif, serikat pekerja menjelaskan bahwa jumlah pilot yang dilaporkan tidak dapat bekerja karena kelelahan melonjak secara besar-besaran pada musim gugur yang lalu.

 Ilustrasi

Apabila para pilot terus dipaksakan untuk tetap terbang, maka hal tersebut akan mempengaruhi jam terbang. Serta bisa membahayakan penumpang, terutama jika pilot-pilot mulai kelelahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini