Share

Penutur Tersebar Seantero Bumi, Ini 5 Alasan Bahasa Jawa Bisa Mendunia

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 408 2583327 penutur-tersebar-seantero-bumi-ini-5-alasan-bahasa-jawa-bisa-mendunia-1OCOE74hsP.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@budayajawa.id)

SALAH satu kekayaan dan aset budaya bangsa Indonesia adalah beragam Bahasa Daerah, dimana salah satunya yang cukup terkenal adalah Bahasa Jawa.

Selain menjadi salah satu suku besar yang ada di tanah air, popularitas Bahasa Jawa juga bahkan telah menyebar ke berbagai negara lho!

Tak ayal apabila rasa-rasanya pantas jika menyebut Bahasa Jawa sudah selayaknya mendunia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini Okezone sajikan 5 fakta unik yang dapat menjadi alasan Bahasa Jawa bisa mendunia.

1. Pengguna menyebar seantero dunia

Bukan hanya di Indonesia, penutur Bahasa Jawa tersebar di seluruh dunia lho! Bahkan sejumlah Negara seperti Suriname menjadikan bahasa tersebut sebagai salah satu bahasa nasionalnya.

Selain itu, penutur Bahasa Jawa juga terdapat di Belanda seiring adanya ikatan historis di masa lampau. Bahkan di Negeri Kincir Angin itu, terdapat jurusan khusus yang mempelajari Bahasa Jawa di universitasnya!

Infografis Bahasa Jawa Mendunia

2. Miliki banyak turunan kata

Salah satu fakta menarik dari Bahasa Jawa adalah diksinya yang kaya atau punya banyak turunan kata. Semisal untuk satu kata 'jatuh', punya banyak jenis penyebutannya semisal 'Ceblok' , 'Lugur', 'Njungkel', dan masih banyak lagi.

3. Terdiri banyak dialek

Sama seperti Bahasa Inggris yang punya dua dialek secara umum yakni English Amerika dan British, Bahasa Jawa juga punya lebih dari satu dialek bahkan jumlahnya terbilang banyak lho!

Contohnya saja penggunaan Bahasa Jawa di Jawa Timur, sangat jauh berbeda dengan masyarakat di Jawa Tengah. Ada juga Bahasa Jawa 'Ngapak' yang dituturkan oleh masyarakat di daerah pesisir utara Jawa. Jadi layak lah ya Bahasa Jawa jadi bahasa yang mendunia!

4. Punya tingkatan terkait lawan bicara

Jika Bahasa Inggris secara umum punya tingkatan yang terkait dengan waktu dari konteks pembicaraan, Bahasa Jawa punya ragam tingkatan yang terkait siapa lawan bicaranya.

Tingkatan itu ada 3 yakni Ngoko, Kromo dan Kromo Inggil. Bahasa Jawa Ngoko digunakan saat kita berbicara atau berinteraksi dengan kawan sebaya atau yang lebih muda. Sedangkan penggunaan Krama dan Krama Inggil adalah untuk lawan bicara yang lebih tua.

5. Bisa ditulis dalam berbagai aksara

Satu keunikan sekaligus keunggulan Bahasa Jawa adalah bisa ditulis lebih dari satu huruf. Selain alfabet, ada juga huruf Jawa atau yang lebih dikenal sebagai 'Hanacaraka'. Bahkan Bahasa Jawa juga bisa ditulis dalam huruf Arab yang termodifikasi lho. Nah, keren enggak tuh!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini