Share

10 Masjid Terindah di Indonesia dengan Arsitektur Mengagumkan, Nomor 7 Tetap Kokoh meski Diterjang Tsunami

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 408 2583358 10-masjid-terindah-di-indonesia-dengan-arsitektur-mengagumkan-nomor-7-tetap-kokoh-meski-diterjang-tsunami-LJqNVAaYlr.JPG Masjid Raya Baiturrahman Aceh (Foto: Instagram/@ululazmii21)

INDONESIA adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Tak heran apabila bangunan masjid begitu mudah ditemukan di penjuru negeri.

Dari banyaknya bangunan tempat ibadah umat Islam itu, terdapat sejumlah masjid yang dibangun dengan arsitektur menawan plus perpaduan unsur budaya serta sejarah, menjadikannya sangat indah dipandang mata.

Masjid apa sajakah itu? Berikut ini Okezone sajikan daftar 10 masjid terindah di Indonesia dengan arsitektur mengagumkan yang nyaman untuk ibadah sekaligus berwisata religi!

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Adalah ikon masjid di tanah air yang juga merupakan tempat ibadah umat muslim terbesar se Asia Tenggara yang mampu menampung hingga 200 ribu jamaah!

Bangunan masjid ini bergaya arsitektur modern yang menariknya justru dirancang oleh seorang Kristiani bernama Frederich Silaban. Selain itu, bangunan masjid ini punya dinding dan lantai berlapis marmer dengan ornamen geometrik dan baja antikarat.

2. Masjid Al-Akbar, Surabaya

Disebut juga sebagai Masjid Agung nya Kota Pahlawan, bangunan yang terletak di samping Jalan Tol Surabaya - Porong tepatnya di Jl. Pagesangan, Kecamatan Jambangan ini merupakan masjid ketiga terbesar di Indonesia setelah Istiqlal dan Islamic Center Samarinda.

Masjid Al Akbar, Surabaya

(Foto: Instagram/@indraiswanto84)

Selain megah, bangunannya juga indah dengan arsitektur mempesona dengan satu kubah besar dan empat kubah kecil yang berstruktur seperti daun hijau-biru.

3. Masjid Dian Al-Mahri, Depok

Adalah masjid yang dibangun oleh seorang pengusaha muslim kaya raya asal Banten bernama Dian Al-Mahri. Bangunannya pun tidak main-main, di mana kubahnya dilapisi emas setebal 2-3 milimeter (mm) dengan mozaik kristal.

Tak heran masjid ini sangat cantik dan otomatis membuat pandangan siapapun langsung teralihkan kala berada di dekatnya, dan disebut juga sebagai 'Masjid Kubah Emas'. Selain itu, arsitekturnya juga menyerupai dengan masjid-masjid di Timur Tengah yang super indah!

Masjid Dian Al Mahri Kubah Emas

(Foto: Instagram/@irgistation)

4. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Jika biasanya masjid identik dengan kubah, hal itu tidak terdapat di masjid yang berlokasi di Jalan Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat ini, menjadikannya unik dan berbeda.

Masjid Al-Irsyad Bandung punya desain bangunan yang justru terkesan futuristik yang berbentuk seperti kubus besar berwarna abu-abu dengan dinding yang membentuk celah-celah.

Selain punya arsitektur yang indah, masjid yang baru diresmikan pada tahun 2010 ini pun sangat nyaman untuk ibadah karena sirkulasi udara sangat mudah masuk lewat celah dari batu bara tersebut. Cobain mampir ya kalau ke Bandung!

5. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Apabila anda ingin mengunjungi Taj Mahal, sebetulnya tak perlu jauh-jauh ke India karena anda cukup mengunjungi masjid ini, yang punya kemiripan arsitektur dengan salah satu bangunan keajaiban dunia tersebut.

Selain bangunannya yang megah dengan arsitektur memesona, lingkungan rumah ibadah inipun sangat asri ditumbuhi oleh pepohonan. Selain itu, fasilitasnya pun lengkap dengan adanya aula, perpustakaan hingga kawasan kantor dan pendidikan. Jelas nyaman banget buat ibadah sekaligus wisata religi sih!

6. Masjid Islamic Center, Samarinda

Memiliki luas bangunan utama mencapai hampir 44 hektar, masjid ini disebut-sebut sebagai masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah MasjidIstiqlal. Masjid ini memiliki total 7 menara dengan menara utamanya yang setinggi 99 meter.

Masjid Islamic Center Samarinda

(Foto: Instagram/@mastonie)

Selain luas dan besar, dinding luar menara Masjid Islamic Centre Samarinda ini dikelilingi lafadz Asmaul Husna yang dilapisi batu granit dengan teknik pembuatan water jet. Keindahan masjid ini semakin lengkap dengan cantiknya panorama tepi Sungai Mahakam yang bisa disaksikan oleh pengunjung dari menara masjid.

Arsitekturnya yang cantik berasal dari sejumlah masjid ikonik dunia dimana menara nya terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah, sementara kubahnya terilhami dari Masjid Haghia Sophia Istanbul, Turki.

7. Masjid Baiturrahman, Aceh

Adalah salah satu masjid tertua dan sarat akan sejarah di Indonesia, karena telah berdiri sejak era Kesultanan Aceh di tahun 1612 dan menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan Aceh dalam melawan penjajah Belanda.

Masjid Baiturrahman Aceh

(Foto: Instagram/@imadulauwalin)

Sempat dibakar oleh kompeni, bangunan masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879 - 1881 dengan arsitektur bergaya India. Sejak saat itu, masjid ini terus berdiri kokoh bahkan saat tsunami dahsyat tahun 2004 silam, mukjizat terjadi di mana Masjid Baiturrahman tetap kokoh berdiri menjadi saksi bisu amukan air bah di negeri Serambi Makkah kala itu.

8. Masjid Agung Jawa Tengah

Adalah representasi dari bangunan masjid yang megah dengan arsitektur indah serta kecanggihan teknologi. Bagaimana tidak, masjid yang terletak di Kota Semarang ini merupakan perpaduan arsitektur Jawa dan Yunani dan dilengkapi dengan payung hidrolik raksasa yang bisa terbuka dan menutup secara otomatis.

Bagi jamaah ataupun wisatawan yang berkunjung kesini, tak perlu khawatir kehujanan deh meskipun berada di area luar masjid yang luas. Nyaman banget buat ibadah sekaligus wisata religi, bukan?

9. Masjid Agung Sumenep, Madura

Adalah bangunan masjid tertua dan sarat akan sejarah lainnya disamping Masjid Baiturrahman, di mana tempat ibadah yang punya nama asli Masjid Jamik Panembahan Somala ini telah berdiri sejak tahun 1787.

Masjid Agung Sumenep, Madura

(Foto: Instagram/@cordovatravel)

Bangunannya pun indah dan megah dengan arsitektur perpaduan antara budaya Madura, Jawa, Tiongkok dan Eropa. Masjid ini pun telah menjadi spot wisata religi karena banyak peziarah yang berkunjung serta lokasinya yang strategis yakni terletak di alun-alun Kota Sumenep.

10. Masjid Agung Tuban

Bangunan ibadah umat muslim terindah di Indonesia lainnya karena memiliki arsitektur mempesona yang menyerupai bangunan ‘Negeri 1001 Malam’ dengan ornamen-ornamen pada kubah besarnya yang tampak colourful.

Masjid dengan tiga lantai dan enam pilar ini tentu sangat nyaman sebagai tempat ibadah sekaligus cocok menjadi spot wisata religi bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini