Share

Mengenal Lesbos, Pulau Kecil di Yunani Asal Mula Kata Lesbian

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 24 April 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 408 2583667 mengenal-lesbos-pulau-kecil-di-yunani-asal-mula-kata-lesbian-ZbH0jIZKri.jpg Pulau Lesbos, Yunani (lesvos.com)

BEGINILAH kisah sejarah Lesbos, pulau kecil di Yunani asal mula kata lesbian. Seperti diketahui, lesbian merupakan orientasi seksual di mana seorang perempuan tertarik secara fisik, seksual, hingga emosional kepada sesama perempuan.

Nah, kata lesbian ini disebut-sebut berasal dari Pulau Lesbos di Yunani. Mengapa? Sebelum lebih jauh mengenai sejarah Lesbos, pulau kecil di Yunani asal mula kata lesbian, perlu diketahui dulu letak pulau Lesbos.

 BACA JUGA: Ingin Wisata Sejarah di Akhir Pekan? Yuk Jelajahi Taman Nasional Lore Lindu, Banyak Situs Megalitik

Pulau Lesbos sendiri terletak 320 Km dari pantai barat Yunani. Ini adalah pulau yang memiliki luas wilayah 1.632 km². Pada tahun 2001, pulau Lesbos ini diketahui memiliki jumlah penduduk 90.643 jiwa.

 

Alasan mengapa Lesbos identik dengan kata lesbian itu tak lepas dari sejarahnya.

Melansir dari Live About, kata lesbian secara harfiah merupakan penduduk Isle of Lesbos, pulau di Yunani.

Istilah itu datang untuk menggambarkan perempuan yang mencintai perempuan seperti penduduk paling terkenal di pulau itu yakni, Sappho. Sappho adalah penduduk dari Lesbos yang hidup pada 600 SM.

 BACA JUGA: Pesona Morotai, Surga Diving dan Wisata Sejarah Perang Dunia II

Bukan sembarang penduduk, Sappho merupakan seorang intelektual dan penyair yang menulis banyak puisi cinta untuk perempuan lain. Meski banyak puisinya yang telah dihancurkan oleh kaum fundamentalis, beberapa puisi Sappho masih ada yang tersisa dan itu berbicara dengan jelas tentang cinta dan kegilaannya terhadap perempuan.

Sementara itu, kata lesbian sendiri tidak diketahui kapan pertama kali digunakan di tengah masyarakat. Namun, istilah itu mulai populer digunakan di era 1960-an dan 1970-an. Sebelum kata lesbian populer, perempuan yang mencintai sesama perempuan kerap disebut ‘sapphic’ atau ‘sapphistry’.

 Ilustrasi

Selain dari sisi sejarah, Pulau Lesbos sendiri menyimpan ragam destinasi wisata. Di antaranya saja kastil seperti Molivos Castle dan Mytilene Castle, reruntuhan kuno seperti Temple of Aphrodite dan Archaeological Site of Thermi, hingga pantai-pantainya yang indah.

Beberapa pantai yang terkenal di Pulau Lesbos yakni Agios Isidoros Beach, Skala Eressos Beach, Anaxos Beach, Vatera Beach, Tsonia Beach, Charamida Beach, dan banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini