Share

Tidak Hanya Terkenal di Indonesia, Kuyang Juga Terkenal di 3 Negara Ini dengan Nama Lain

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 406 2584800 tidak-hanya-terkenal-di-indonesia-kuyang-juga-terkenal-di-3-negara-ini-dengan-nama-lain-stLgYkwxIx.jfif Ilustrasi (Shutterstock)

TIDAK hanya terkenal di Indonesia, kuyang juga terkenal di 3 negara ini dengan nama lain. Sebagian orang mungkin tak asing dengan hantu yang melegenda satu ini.

Kuyang adalah nama hantu yang melegenda di Pulau Kalimantan. Hantu satu ini kerap kali berwujud wanita. Ia dapat melepas kepala dari bagian tubuhnya dan terbang bersama organ tubuhnya seperti jantung, hati, usus dan ginjal.

Apabila kuyang terbang di malam hari, biasa ada semacam cahaya merah atau api kecil yang mengikutinya. Kuyang dipercaya suka menghisap darah bekas seorang ibu melahirkan, bahkan suka menghisap darah bayi yang baru dilahirkan.

Namun, tahukah kamu ternyata kuyang juga ada di Negara lain dengan nama yang berbeda, lho. Lantas, negara mana saja yang memiliki hantu kuyang dengan nama lain? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Hantu Krasue di Thailand

Thailand terkenal dengan dunia perfilman dengan genre horor yang menyeramkan. Pada kenyataannya, di dunia nyata, Thailand memiliki banyak hantu ikonik yang bisa membuat bulu kuduk merinding, salah satunya adalah Krasue.

Krasue merupakan perempuan dengan bagian tubuh yang terburai. Krasue akan mencari dan memakan wanita hamil atau bayi yang baru lahir kemudian menyeka mulutnya dengan pakaian yang dijemur di luar.

Menurut kepercayaan, Krasue itu perwujudan seorang wanita cantik yang dibakar hingga mati. Krasue juga dikutuk agar selalu lapar akan darah dan daging manusia. Penduduk setempat percaya jika Krasue akan hidup sebagai manusia normal pada siang hari, dan hanya berubah pada malam hari saja.

Hantu Penanggal di Malaysia

Sama halnya di Thailand, di Malaysia, juga terdapat Kuyang. Hanya saja di sana lebih dikenal dengan nama Hantu Penanggal atau Balan-balan. Arti dari dua nama di atas adalah ‘lepaskan’ atau ‘hapus’.

Hantu ini dilukiskan dalam wujud seorang perempuan yang kepalanya terpenggal. Sedangkan ia punya organ dalam tubuhnya yang menjuntai ke bawah.

Organ-organ tersebut berkelap-kelip seperti kunang-kunang ketika Penanggal terbang di malam hari. Orang-orang di Negeri Jiran percaya bahwa Penanggal merupakan wanita yang punya ilmu hitam.

Ia adalah bidan, yang dulunya bersekutu dengan iblis untuk mendapatkan ilmu gaib. Namun, dengan syarat dirinya harus memakan daging selama 40 hari berturut. Karena melanggar, akhirnya dirinya dikutuk menjadi seperti itu.

Hantu Ap di Kamboja

Ya, namanya juga masih berada dalam satu kawasan di Asia Tenggara, jadi tidak heran jika setan negara satu dan lain sama. Kalau Indonesia ada Kuyang, Kamboja tak mau kalah dengan mendatangkan Ap.

Ilustrasi

Menurut cerita, Ap punya wajah cantik. Ia adalah perempuan yang mempraktikkan sihir hitam dan dihukum jadi setan. Jika ingin mengusir Ap dapat menggunakan cara menggantung anggur berduri di luar rumah. Hal ini dipercaya Ap dapat tersangkut di duri dan tidak bisa masuk ke rumah.

Yang mengerikan adalah, Ap ini bisa mengajak manusia normal menjadi seperti dirinya. Hantu ini umumnya akan mencari mangsa dengan menawari minuman dan ciuman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini