Share

Kenapa Sekolah Pilot Mahal?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 25 April 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 406 2585053 kenapa-sekolah-pilot-mahal-VZP74DKRqJ.jpeg Alfonsus Krisjulianto (MPI/Pradita)

PILOT dianggap sebagai profesi bergengsi yang tak sembarang orang bisa mencapainya. Butuh kecerdasan otak, fisik prima dan uang tak sedikit untuk menjadi seorang pilot. Pasalnya, menempuh pendidikan sekolah khusus pilot tak murah.

Seperti yang disampaikan Alfonsus Krisjulianto, Pilot-First Officer lulusan salah satu sekolah pilot swasta di Bali. Ia mengakui memang sekolah pilot tidak murah, bahkan bisa menelan biaya hampir Rp1 miliar walau masa sekolahnya hanya kurang lebih dua tahun.

Menurutnya yang bikin mahal biaya untuk jadi pilot bukan saja pendidikannya, tapi juga untuk mendapatkan lisensi penerbangan. Lisensi ini juga ada beberapa katagori. 

“Sekolahnya 1 sampai 2 tahun, saya dulu tahun 2016 di sekolah swasta itu around Rp670 juta. Secara umumnya, di sekolah kan ada lisensi-lisensi yang harus kita dapatkan. Nah kalau sampai licence CPL, ya harganya segini. Itu lisensi, kita bisa terbang di maskapai dan dapat revenue dari penerbangan yang kita lakukan,” jelas Alfonsus dalam acara Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, #DariKamuUntuklndonesia: Milenial Ingin Jadi Pilot?, Senin (25/4/2022).

Pria yang sudah empat tahun berprofesi sebagai pilot itu melanjutkan, harga yang ia sebutkan di atas bisa bertambah tinggi mengikuti lisensi-lisensi penerbangan lain yang ingin didapatkan.

“Ada contohnya lisensi ATPL (Airline Transport Pilot License), ini biasanya di sekolah maskapai yang bersangkutan. Ada juga frozen ATPL, nah lisensi ini tidak wajib tapi ada beberapa maskapai yang mewajibkan, mensyaratkan pilotnya punya itu,” tutupnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini