Share

Libur Lebaran 2022, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Penerapan CHSE Terus Ditingkatkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 25 April 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 406 2585059 libur-lebaran-2022-wamenparekraf-angela-tanoesoedibjo-penerapan-chse-terus-ditingkatkan-tbCnQyL8Pq.jpg Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Kemenparekraf)

WAKIL Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan bahwa Kemenparekraf terus meningkatkan penerapan CHSE di tempat wisata dan usaha ekonomi kreatif khususnya menghadapi libur Lebaran 2022, untuk mencegah penularan COVID-19.

CHSE atau Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan, merupakan salah satu program Kemenparekraf untuk menghidupkan kembali pariwisata di tengah pandemi. 

 BACA JUGA: Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Perempuan Berperan Penting Membangun Bangsa

"Terkait protokol kesehatan, saya kira tidak hanya dalam momentum mudik. Tapi Kemenparekraf berkomitmen untuk terus meningkatkan penerapan CHSE, usaha-usaha ekraf," ujarnya dalam Weekly Press Briefing yang dilakukan secara virtual, Senin (25/4/2022).

 

Lebih lanjut, kata Wamenparekraf, terkait dengan mudik Lebaran 2022 pihaknya juga telah berkolaborasi dengan berbagai pihak. Khususnya penerbitan surat-surat, agar penerapan CHSE di setiap daerah dapat berjalan dengan baik dan semestinya. Khususnya di kawasan pariwisata, hingga ruang lingkup ekonomi kreatif lainnya.

 BACA JUGA: Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Tinjau Pasar Bazzar Ramadan UMKM Didampingi Istri Luhut

"Kami juga sudah terbitkan surat-surat ke masing-masing pemerintah daerah, untuk terus mengawasi CHSE di lapangan. Ujungnya adalah yang penting penerapan di lapangan," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau kepada calon pemudik lebaran, agar tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Khususnya melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran (SE), terkait persiapan sektor parekraf guna menyambut masa mudik lebaran nanti.

 Ilustrasi

"Jadi ini untuk protokol kesehatan, vaksinasi aktivasi. Aktivasi dari usaha-usaha pariwisata, dan juga bagaimana menyiapkan petugas di pintu masuk. Menyiapkan scan aplikasi PeduliLindungi yang sempat hits kemarin. Tapi betul-betul untuk melindungi kita," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini