Share

Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Siap Terima Wisatawan saat Libur Lebaran 2022

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 25 April 2022 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 406 2585064 sandiaga-uno-sebut-desa-wisata-siap-terima-wisatawan-saat-libur-lebaran-2022-JKeQ8oxQup.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Desa wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa desa-desa wisata di berbagai daerah di Indonesia siap menerima banyak wisatawan saat libur Lebaran 2022. Pemudik dipersilakan mengunjungi desa wisata.

Desa wisata kini jadi destinasi liburan alternatif bagi wisatawan terutama di tengah pandemi COVID-19. Desa wisata menawarkan pengalaman liburan berbeda bagi wisatawan.

Sandiaga menyebutkan bahwasannya masing-masing desa wisata telah diberikan pelatihan sehingga dapat bersiap menyambut kunjungan wisatawan, khususnya saat libur lebaran nanti.

"Jadi desa wisata itu ada beberapa klasifikasi mulai dari desa wisata yang rintisan, sampai yang sudah maju dan mandiri. Nah, program anugerah desa wisata Indonesia 2021, ada 50 besar sampai 100 besar," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (25/4/2022).

 

Lebih lanjut, kata Sandiaga, walaupun desa-desa wisata ini masih dalam kategori rintisan, namun mereka sudah bisa menerima dalam kapasitas tertentu. Misalnya, tersedia homestay, fasilitas ekonomi kreatif, sentral UMKM hingga penyediaan toilet yang memadai.

 BACA JUGA: Buka saat Libur Lebaran, Objek Wisata Wajib Batasi Pengunjung

Sandiaga menambahkan, desa-desa wisata ini ada di dalam jadesta, jejaring desa wisata yang bisa diakses melalui www.jadesta.kemenparekraf.co.id.

Wisatawan yang ingin melakukan kunjungan ke desa wisata, bisa dengan mudah melihat dan mempersiapkan diri sebelumnya dari laman tersebut.

 Ilustrasi

Sandiaga berharap, mudik dan liburan lebaran kali ini bisa ikut menyukseskan program desa wisata. Guna membantu memulihkan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya pasca pandemi. Di mana kebangkitan ekonomi saat ini terus didorong, hingga pulih kembali.

"Kalau biasanya datang (liburan) ke tempat itu-itu saja, tapi desa wisata menawarkan sensasi berbeda," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini