Share

Viral Bule Joget Telanjang di Gunung Batur Bikin Resah Warga Bali, Berikut Faktanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 406 2585407 viral-bule-joget-telanjang-di-gunung-batur-bikin-resah-warga-bali-berikut-faktanya-AVhvqPHyDt.JPG WN Kanada menari telanjang di Gunung Batur, Bali (Foto: Instagram/@ubudon.acid)

WARGANET dihebohkan dengan aksi turis asing asal Kanada, nekad menari tanpa busana di Puncak Gunung Batur, Kintamani, Bali. Aksinya itu viral di media sosial, dan mendapatkan berbagai respons yang mengundang kontroversi.

Dikutip dari Instagram @ubudon.acid, turis asing tersebut bernama Jeffrey Douglas Craigen alias Jeff Craigen. Dalam video yang diunggah akun tersebut, Jeff terlihat percaya diri menghadap kamera dengan keadaan telanjang, tanpa sehelai benangpun yang menutupi kemaluannya.

Pria tersebut terlihat tak sekadar menari, tapi juga menyanyi, berteriak sambil memukul-mukul dadanya. Sehingga seluruh tubuhnya yang tidak mengenakan pakaian itu memperlihatkan kemaluannya.

Berikut sejumlah fakta terkait aksi tidak senonoh yang dilakukan pria gondrong tersebut.

Warga negara Kanada

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Bali telah menyita paspor milik Jeffrey Douglas Craigen yang belakangan diketahui merupakan warga negara Kanada. karena membuat video asusila (tanpa busana).

Tempat Jual Kerajinan Tangan

"Paspor WNA tersebut langsung diamankan Tim Seksi Inteldakim Kanim Denpasar dan meminta penjamin untuk menghubungi orang asing tersebut agar kooperatif datang ke Kantor Imigrasi Denpasar pada Hari Senin (25/4)," ungkap Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk.

Terancam dideportasi

Jeffrey Douglas Craigen diketahui sedang mengajukan kembali visa OnShore Izin Tinggal Kunjungan. Sementara paspor yang bersangkutan berada di tangan penjamin. Saat itulah petugas langsung mengamankan paspor tersebut.

Jika dari hasil pemeriksaan, bule Kanada itu tersebut terbukti melakukan pelanggaran maka akan diberikan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Kami mengimbau masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Bali agar proaktif memantau dan melaporkan berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan WNA kepada pihak berwenang untuk ditindak tegas," katanya.

Bikin warganet gusar

Video asusila Jeff Craigen yang menari tanpa sehelai benangpun menuai kecaman dari berbagai pihak termasuk netizen. Tak sedikit yang mengatakan, bahwa tindakan pria tersebut tidak bermoral serta memalukan.

"Menjadi viral sekarang di Bali dan segera polisi akan menangkapnya," kata @leem****.

"Deportasi telah menunggunya," ujar @be***.

"Telanjang di gunung suci Bali, dan tidak menghormati budaya Māori, bro kalian harus berpikir sebelum melakukan omong kosong," teran @all****.

Infografis Wisata Tabanan

"Apa yang saya amati dari begitu banyak orang "spiritual" di sini ..: banyak yang sangat narsis, egois dan ya sebenarnya cukup dangkal dan dangkal," kata @fab****.

Sekadar informasi, Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Kawasan Gunung Batur terkenal sebagai objek wisata andalan Kabupaten Bangli. Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (Istana Dewi Danu).

Pada waktu tertentu, seluruh umat Hindu dari berbagai daerah di Bali datang ke Batur menghaturkan Suwinih untuk mengusir bencana hama yang menimpa ladang mereka. Dengan menghantarkan suminih ini maka kawasan gunung Batur menjadi daerah yang subur.

Jika ingin merasakan pengalaman mendaki gunung untuk mengisi liburan, maka Anda bisa melakukan pendakian di Gunung Batur yang menakjubkan.

Memang, melakukan pendakian gunung tidaklah mudah. Terlebih jika Anda sebelumnya belum pernah melakukan pendakian. Namun tentu rasa lelah yang mendera akan terbayar saat kamu melihat indahnya pemandangan alam yang disuguhkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini