Share

Wow! Kapasitas Maskapai Dunia Capai Level Tertinggi Pekan Ini, China Pemicunya

Antara, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 406 2585947 wow-kapasitas-maskapai-dunia-capai-level-tertinggi-pekan-ini-china-pemicunya-xWofV1OPkA.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@chinaeasternna)

KAPASITAS maskapai penerbangan global telah melonjak ke level tertinggi pada 2022 minggu ini, karena rebound permintaan domestik China meskipun penguncian diperpanjang di pasar penerbangan terbesar di Asia. Demikian laporan dari sebuah perusahaan data perjalanan OAG.

Margin penyulingan bahan bakar jet Asia, yang meningkat lebih dari dua kali lipat dalam dua bulan terakhir, berada di 30,04 dolar AS per barel di atas minyak mentah Dubai pada Senin, 25 April 2022 data Refinitiv Eikon menunjukkan.

Penguncian Covid-19 Shanghai telah memasuki minggu keempat dan perintah pengujian massal di Beijing telah memicu kekhawatiran bahwa ibu kota China dapat ditakdirkan untuk nasib yang sama.

"Tetapi maskapai penerbangan global telah menambahkan 2,5 juta kursi dalam seminggu hingga Senin, hampir setengahnya berada di China," sebut OAG.

Infografis Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

"Ini membalikkan pengurangan kapasitas yang telah terjadi selama beberapa pekan terakhir sebagai konsekuensi dari pembatasan perjalanan di wilayah Shanghai pada khususnya," tamhanya dalam sebuah pernyataan.

Total kapasitas maskapai terjadwal di Asia Timur Laut melonjak 10,8 persen dalam seminggu hingga Senin dari pekan sebelumnya, menurut OAG. Namun demikian kapasitas kawasan tetap sekitar 36 persen lebih rendah dari minggu yang sama pada 2019 sebelum pandemi.

Total kapasitas maskapai penerbangan domestik dan internasional global meningkat sebesar 3,3 persen minggu ini menjadi 88,6 juta kursi, sekitar 20 persen lebih rendah dari tahun 2019.

OAG mengungkapkan bahwa kapasitas yang direncanakan selama tiga bulan ke depan terus mendekati level 2019, mencerminkan kepercayaan dalam pemulihan perjalanan.

"Kami masih memiliki perjalanan yang panjang dan semakin sulit untuk kembali ke 109 juta kursi per minggu pada 2019 jika memang, kami pernah mencapai kembali ke titik itu," tulis OAG dalam sebuah posting blog.

"Tapi dibanding tahun lalu, segalanya terlihat jauh lebih baik di sebagian besar pasar," tutup pernyataan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini