Share

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Indonesia, Prosesi Lamaran hingga Pulang Kampung

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 29 April 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 406 2586432 5-budaya-malaysia-yang-mirip-dengan-indonesia-prosesi-lamaran-hingga-pulang-kampung-40XBo0WVSI.JPG Mudik atau pulang kampung tradisi Indonesia yang juga ada di Malaysia (Foto: Okezone.com)

5 BUDAYA Malaysia yang mirip dengan Indonesia ini masih jarang orang tahu. Tak dipungkiri jika Indonesia dan Malaysia yang merupakan negara di Asia Tenggara bisa dibilang memiliki hubungan unik.

Sebagai saudara serumpun, Malaysia dengan Indonesia sedikit banyak memiliki kemiripan dari segi kebudayaan. Baik dari kultur sosial masyarakat, makanan, bahasa, dan lain-lain.

Apa saja ya kira-kira kemiripan budaya dari Malaysia yang mirip dengan budaya kita di Indonesia? Menghimpun berbagai sumber, yuk simak ulasan singkat lima di antara budaya Malaysia yang mirip dengan Indonesia.

1. Lamaran

Sebelum memasuki gerbang pernikahan, calon pengantin di Malaysia punya tahapan acara yang dinamakan Merisik.

Sang calon pengantin pria membawa kedua orangtuanya untuk berkunjung secara resmi bertemu dengan orangtua dan keluarga sang calon pengantin wanita dengan membawa seserahan yang berupa makanan atau barang-barang khusus untuk sang wanita. Prosesi ini sama halnya dengan acara Lamaran di Indonesia.

Infografis Reog Ponorogo

2. Bahasa

Bahasa masuk jadi salah satu produk budaya Malaysia yang mirip dengan Indonesia. Pasalnya, sumber bahasa dari dua negara ini sama, yakni Austronesia.

Banyak kosa kata bahasa Indonesia yang merupakan turunan dari bahasa Melayu, nah Malaysia sendiri menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa ibu atau bahasa nasionalnya.

3. Makanan

Kemiripan budaya Malaysia dan Indonesia juga bisa dilihat dari produk makanannya. Sebagai negara tetangga terdekat, tak heran bumbu rempah, jenis, atau penyajian makanan di dua negara ini memang mirip. Contohnya hidangan nasi uduk di Indonesia, disebut sebagai nasi lemak di Malaysia. Uniknya, hidangan ini sama-sama dijadikan sebagai menu sarapan loh!

4. Mudik

Tradisi mudik saat hari raya keagamaan, mulai dari mudik Lebaran, Natal, atau Tahun Baru China yang ada di Malaysia juga bisa dilihat di Indonesia. Hanya beda nama tapi mirip, jika Indonesia disebut mudik atau 'pulang kampung', sedangkan di Malaysia sebutannya 'balik kampung'.

5. Cara makan

Di Malaysia masyarakatnya punya budaya 'makan tengah', yakni meletakkan aneka lauk pauk di tengah meja makan untuk dimakan bersama anggota keluarga lainnya.

Kultur ini juga ada di masyarakat Indonesia, yang suka makan bersama-sama menyantap lauk yang sama di meja makan sebagai bentuk wujud kekeluargaan. Baik itu di rumah ataupun di luar rumah bersama anggota keluarga, teman maupun kolega.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini