Share

4 Negara yang Paling Lama Dijajah Bangsa Eropa, Indonesia Salah Satunya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 408 2586855 4-negara-yang-paling-lama-dijajah-bangsa-eropa-indonesia-salah-satunya-6tN3AhHhrv.jpeg 4 negara paling lama dijajah bangsa Eropa (Foto Wikipedia)

MENGULAS 4 negara yang paling lama dijajah bangsa Eropa. Tentu saja Indonesia termasuk di dalamnya. Wilayah Nusantara lama jadi koloni Belanda. Pernah juga dijajah Portugis dan Inggris.

Dahulu bangsa Eropa dikenal dengan menjajah negara di hampir seluruh dunia, termasuk benua Asia hingga berabad-abad lamanya. Di manakala itu tahun 1500-an dikenal sebagai masa kolonial karena banyak negara Eropa yang menjajah berbagai negara.

Saat menjajah suatu negara, mereka memiliki misi yang disebut dengan Gold, Glory, Gospel. Namun sayangnya karena ambisinya itu, bangsa Eropa malah memperkaya dirinya sendiri. Sementara negara yang dijajahnya cenderung miskin.

 BACA JUGA: Jadi Kota Kelahiran RA Kartini, Cek 5 Destinasi Wisata Pantai Menarik di Jepara

Spanyol dan Portugis merupakan dua negara yang menjadi pelopor penjelajahan samudera oleh bangsa barat. Penjelajahan tersebut kemudian dikenal sebagai penjajahan karena mereka mengambil keuntungan yang banyak dari SDA maupun SDM wilayah jajahannya.

Lantas negara Amna saja yang paling lama dijajah oleh bangsa Eropa? Berikut seperti MNC Portal himpun dari berbagai sumber.

1. Indonesia

Peninggalan-peninggalan bangsa Eropa, menjadi bukti kuat bahwa Indonesia pernah dijajah oleh salah satu negara benua tersebut, yaitu Portugis yang datang pada 1512. Kemudian disusul oleh Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris dan Jepang.

 Ilustrasi

Di antara negara-negara penjajah tersebut, Belanda disebut-sebut sebagai negara yang paling lama menjajah. Belanda menjajah Indonesia 350 tahun.

Kemudian akhirnya para penjajah tersebut mengakui kekalahan. Lalu pada 17 Agustus 1945, Indonesia mendeklarasikan, bahwa telah bebas dan mereka dari segala bentuk penjajahan.

 BACA JUGA: Asyiknya Jelajahi Wisata Semarang-Solo, Berikut Pilihan Destinasinya

Namun untuk lamanya penjajahan Belanda di Indonesia ini, sempat menjadi topik perbincangan. Bahkan seorang ahli hukum internasional G.J. Resink membantah Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun lewat karyanya Indonesia’s History Between the Myths.

2. India

Kemudian ada India yang dijajah oleh Inggris selama 193 tahun. India sendiri berhasil ditaklukkan oleh Perusahaan Dagang India Timur dari Inggris di tahun 1757.

 

Lalu setelah bertahun-tahun lamanya, Inggris pun menjanjikan kemerdekaan kepada bangsa India paling lambat pada tahun 1948.

Akan tetapi, sebelum memerdekakan India, Inggris membagi India menjadi dua bagian, yaitu India dan Pakistan. Kemudian hingga kini wilayah tersebut terbgsi menjadi dua.

3. Sri Lanka

Selanjutnya adalah Sri Lanka yang merupakan salah satu negara di Asia pernah dijajah bangsa Eropa. Negara ini pernah dijajah oleh bangsa Portugis pada 1505, kemudian oleh Belanda pada 1658, dan disusul Inggris pada tahun 1796.

Dari ketiga negara penjajah tersebut, yang paling lama menjajah Sri Lanka adalah Inggris. Ketika Inggris menjajah, wilayah Sri Lanka disebut Ceylon. Bahkan nama Ceylon ini masih digunakan sampai tahun 1972.

Kemudian Sri Lanka merdeka pada 4 Februari 1948. Tercatat negara ini pernah dijajah selama kurang lebih 4 abad.

 Ilustrasi

4. Malaysia

Malaysia juga pernah dijajah oleh bangsa Portugis pada tahun 1511. Kemudian, wilayah Malaysia jatuh dalam penguasaan kongsi dagang Belanda (VOC) pada 1641. Inggris juga pernah menjajah Malaysia dengan mulai mendirikan koloninya di wilayah semenanjung Malaya pada 1786.

Malaysia juga pernah diduduki oleh Jepang meskipun hanya sebentar, karena kekalahan Jepang saat melawan Amerika Serikat.

Malaysia kemudian merdeka pada 31 Agustus 1957. Jika terhitung sejak Portugis menguasai wilayah Malaysia hingga kemerdekaannya, Malaysia melewati waktu lebih dari 400 tahun dalam penjajahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini