Share

Penerbangan Delay karena Kura-Kura, Bandara Ini Akhirnya Pasang Perangkap di Landasan

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 406 2587177 penerbangan-delay-karena-kura-kura-bandara-ini-akhirnya-pasang-perangkap-di-landasan-NCH2xa7BO7.jpg Ilustrasi bandara (dok. Freepik)

HEWAN Kura-Kura seringkali menjadi penyebab penerbangan tertunda alias penerbangan delay di Bandara Internasional Narita, Jepang.

Melansir Asashi, untuk mengatasi hal tersebut, pihak bandara memasang perangkap di landasan pada Rabu 27 April 2022 lalu.

Perangkap itu tampak berukuran 1 meter yang terbuat dari pipa dengan jaring-jaring tersebut dipasang di sekitar kolam yang dianggap jadi tempat kura-kura bersarang.

infografis

Perangkap dipasang di sekitar saluran air yang terletak 150 meter dari landasan pacu bandara.

Berdasarkan kebiasaan kura-kura, satwa ini masuk ke landasan pacu untuk berjemur.

Jadi, ketika ada kura-kura yang memanjat ke landasan pacu, dia akan langsung jatuh ke dalam perangkap.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Adapun, Departemen Pemeliharaan Lapangan Udara Bandara Narita, Satoshi Shirai memaparkan, operator bandara berharap jebakan tersebut akan mencegah kura-kura masuk ke landasan sepanjang 4.000 meter.

"Mungkin saja ada ratusan perangkap di area tersebut dan kami akan melihat apa yang paling efektif," kata Shirai.

Tak hanya itu, Bandara Narita juga akan melanjutkan pemasangan perangkap kandang. Hal ini diharapkan kura-kura bisa tertangkap dengan aman.

Pemasangan perangkap ini dilakukan buntut insiden yang terjadi pada September 2021 lalu. Bandara Narita harus ditutup selama 12 menit karena ada kura-kura yang berkeliaran di landasan udara.

Insiden yang terjadi di Runway A bandara itu mengakibatkan lima penerbangan ditunda selama 15 menit, termasuk All Nippon Airways.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini