Share

Dear Traveler, Ini Loh Alasan Merokok Dilarang di Pesawat

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 406 2587304 dear-traveler-ini-loh-alasan-merokok-dilarang-di-pesawat-BKDmG3ws7C.jpg Ilustrasi pesawat (dok. Freepik)

MISTERI penyebab jatuhnya penerbangan EgyptAir akhirnya terungkap. Kecelakaan pesawat EgyptAir MS804 2016 dari Paris ke Kairo yang mulanya disebut sebagai tindakan terorisme oleh pihak Mesir ternyata disebabkan oleh seorang pilot yang merokok.

Menurut pakar penerbangan Prancis, asap di dalam pesawat, dikombinasikan dengan oksigen yang bocor, telah memicu kebakaran. Kecelakaan pesawat yang mematikan ini menjadi subjek kasus pembunuhan di Pengadilan Banding Paris karena menewaskan 56 penumpang dan 10 awak.

infografis

Rokok memicu terjadinya kebakaran

Inilah salah satu alasan mengapa semua maskapai penerbangan di dunia menerapkan aturan larangan merokok. Aturan ini sebenarnya pertama kali dilakukan Australia pada 1987. Insiden kebakaran yang terjadi di maskapai Varig dengan nomor penerbangan 820 pada 11 Juli 1973 menjadi titik balik peraturan ini diterapkan.

Pesawat yang terbang dari Brasil ke Paris itu terbakar akibat api yang berasal dari toilet menyambar ke bagian depan. Kebakaran tersebut menyebabkan 123 kematian, hanya ada 11 orang yang selamat. Setelah ditelusuri, ternyata api ini berasal dari puntung rokok di tong sampah toilet yang belum mati sempurna.

Federal Aviation Administration (FAA) pun langsung memerintahkan anjuran dilarang merokok di pesawat, dan semua maskapai turut menerapkannya. Selain untuk keselamatan, larangan merokok juga diterapkan demi kesehatan.

Larangan merokok demi kesehatan

Melansir Quit Genius paruh pertama abad ke-20 merupakan zaman keemasan merokok di dalam pesawat, bahkan United Airlines menyediakan layanan khusus para pria perokok berupa cerutu gratis. Beberapa penerbangan pun memiliki area khusus merokok dan bagian bebas rokok.

Namun, hal ini mengganggu pekerjaan para pramugari, karena koper, seragam hingga rambut mereka selalu dipenuhi dengan bau asap rokok. Akhirnya, para pramugari pun mulai mengambil tindakan. Sara Nelson, Presiden Asosiasi Pramugari, buka suara dan melaporkan ada banyak anggotanya yang mengalami sesak napas, termasuk penyakit mematikan seperti kanker paru-paru.

Semua masalah itu ditimbulkan karena asap rokok yang mengendap di dalam pesawat selama penerbangan berlangsung. Ya, para pramugari pun menjadi perokok pasif akibat penumpangnya yang perokok aktif. Dan inilah salah satu alasan kuat mengapa merokok dilarang di pesawat, terutama dari sisi kesehatan.

Arsip New York Times edisi 17 April 1988 pernah mengulas tentang implementasi larangan merokok di pesawat, saat peraturan ini diberlakukan pertama kali. Disebutkan, pertimbangan yang diambil pemerintah AS untuk larangan merokok ini berkaitan dengan masalah kesehatan.

Merokok di dalam kabin bisa membahayakan orang banyak karena udaranya tidak bisa keluar dan hanya memutar di dalam ruangan. Sehingga, orang yang tidak merokok pun terpaksa menghirup asap rokok. Jadi, sudah jelas bukan alasan mengapa merokok dilarang di pesawat?

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini