Share

Dear Traveler, Begini Resiko Pesawat Terbang dengan Pintu Bagasi Terbuka

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 29 406 2587311 dear-traveler-begini-resiko-pesawat-terbang-dengan-pintu-bagasi-terbuka-AEzsXG2g9a.jpg Ilustrasi pesawat (dok. Freepik)

BEBERAPA waktu lalu viral pintu bagasi terbuka ketika pesawat nyaris lepas landas. Berkaca dari peristiwa ini, yuk kenali resiko pesawat terbang dengan pintu bagasi terbuka.

Melansir Tweak Town, pintu penumpang dan pintu bagasi pesawat harus dalam keadaan sepenuhnya tertutup dan terkunci (fully lock) sebelum pesawat bersiap taxi dan take off.

Jika terbuka, hal ini bisa berakibat fatal bagi penerbangan dan para penumpang.

infografis

Pintu yang terbuka akan menyebabkan dekompresi cepat. Hal ini bisa berakibat akan menurunkan tekanan kabin pesawat dalam hitungan detik.

Selain itu, kondisi tersebut menyebabkan tarikan hisap yang kuat.

Tarikan hisap yang kuat ini akan menyebabkan semua benda lepas tersedot ke luar pesawat, termasuk orang yang tidak terikat sabuk pengaman.

Untuk mencegah pintu bagasi dan pintu penumpang pesawat terbuka, para pihak yang berkaitan dengan penerbangan mulai dari porter di bandara sampai pilot maskapai harus mempersiapkan penerbangan sebaik mungkin.

Namun bila berada di situasi tersebut, pilot harus mengambil tindakan berani salah satunya mendaratkan pesawat ke landasan terdekat.

Pilot bisa memantau tanda merah di dashboard kokpit yang menunjukkan pintu bagasi yang belum tertutup sepenuhnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini