Share

Ingin Ancol Jadi Role Model Wisata di Indonesia, Ini Pesan Sandiaga Uno

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 406 2587937 ingin-ancol-jadi-role-model-wisata-di-indonesia-ini-pesan-sandiaga-uno-FY3zbtSIJ2.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno sambangi Ancol (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Taman Impian Jaya Ancol sangat cocok sebagai role model wisata yang mengedepankan konsep digital hub. Perwujudan digital hub ini dilakukan dengan menyisipkan teknologi digital dalam infrastruktur kelas dunia di kawasan Ancol.

Sandiaga mengakui jika inovasi terbaru dari Ancol, yakni sistem pre-registrasi sebelum kunjungan, sangat menarik. Sistem ini, menurutnya, bisa menjadi peluang aktivasi digital yang menarik, berwisata dengan aman dan sehat, serta produk-produk ekonomi yang ditawarkan pun semakin kreatif.

"Saya ingin memperkenalkan konsep ini kepada destinasi-destinasi lainnya agar dikelola dan terus diberi pelatihan peningkatan kapasitas," tutur Sandiaga saat ditemui di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu, 30 April 2022.

Kemudian, dirinya juga menyinggung soal video keluhan bule yang viral tentang para pedagang di Pantai Kuta, Bali.

Pasalnya, mereka dipaksa untuk membeli dagangannya, hingga diketok dan dilecehkan. Melihat hal itu, Sandiaga berharap konsep yang diusung Taman Impian Jaya Ancol saat ini bisa menjadi teladan bagi destinasi wisata lainnya di Indonesia.

"Simpel aja, orang mau beli kalau dikejar dia lari, kalau diketok dia kapok. Jadi, kalau mau jualan kita harus meningkatkan packaging kita, layanan, kemampuan desain produk, dan konten yang lebih baik ke depannya," tuturnya.

Ia pun berencana memfasilitasi media promosi dan menata gerai jualan para pedagang asongan serta para pelaku UMKM di kawasan Ancol. Beberapa hal yang direncanakan yakni membuka peluang untuk pelatihan-pelatihan, misalnya cara marketing yang kekinian.

Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan setempat. Ia pun mengimbau kepada seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bekerjasama dalam menciptakan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan dengan keramah-tamahan khas Indonesia.


"Melihat kesempatan dikit dia langsung naikin harga. Padahal itu hanya keuntungan yang mungkin sejenak. Kalau dia lebih sabar dengan penataan yang lebih baik, maka rezekinya akan lebih jauh memanjang," ucap mantan Wagub DKI Jakarta ini.

Sandi berharap, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Ancol dapat menerapkan konsep ini dengan baik, sehingga bisa menjadi teladan bagi destinasi lain sekaligus memberi kenyamanan serta keamanan bagi wisatawan yang datang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini