Share

Tren Wisata Lebaran 2022, Nuansa Alam dan Budaya Paling Digandrungi

Syifa Fauziah, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 406 2587957 tren-wisata-lebaran-2022-nuansa-alam-dan-budaya-paling-digandrungi-g55H4Uxbvh.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

LIBUR lebaran tahun ini terasa begitu spesial. Sebab, setelah pemerintah memberikan kelonggaran dalam beraktivitas, masyarakat sudah bisa melakukan mudik hingga berlibur. Banyak tempat wisata yang dibuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik keputusan pemerintah ini. Sebab dengan dibukanya kembali destinasi wisata bisa memberi hiburan kepada masyarakat untuk berlibur.

Seiring dengan itu, tren wisata di libur Lebaran tahun ini mengalami peningkatan. Sebanyak 85 juta pemudik, 40-60 persen memiliki indikasi keinginan untuk berwisata dan ekonomi kreatif.

“Mengingat jumlah pengeluaran antara Rp1,5 juta per orang ini adalah peluang transfer ekonomi dari pusat ke daerah sekitar Rp72 triliun,” paparnya.

Ia mengungkapkan, untuk libur lebaran tahun ini masyarakat lebih cenderung menyukai wisata berbasis alam dan budaya.

“Karena masih pandemi juga jadi masyarakat lebih memilih liburan yang aman dan nyaman. Pilihan wisata alam masih jadi favorit. Kemudian wisata budaya dengan mengenal sejarah kuliner dan lainnya di suatu daerah jadi hal yang menarik,” tuturnya.

Sementara itu, untuk konsep wisatanya sendiri wisatawan lebih memilih jenis ekowisata, desa wisata bahari, dan pegunungan.

“Mereka (wisatawan) memilih wisata yang tidak berkerumun,” jelasnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu berharap, dengan dibukanya kembali destinasi wisata di beberapa di beberapa daerah bisa meningkatkan ekonomi dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini