Share

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ketinggalan Pesawat Akibat Antrean Panjang Check-in

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 549 2587963 5-hal-yang-harus-dilakukan-saat-ketinggalan-pesawat-akibat-antrean-panjang-check-in-1eRXB4rOCN.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

TERDAPAT beberapa hal yang harus Anda lakukan saat ketinggalan pesawat akibat lamanya antrean check-in. Ketinggalan pesawat memang kejadian yang tak diharapkan oleh semua orang.

Namun, ada saja orang yang tak sengaja melewatkan jadwal penerbangannya karena berbagai situasi, seperti macet, gangguan kendaraan, terjebak rekayasa lalu lintas, dan lainnya.

Lantas, bagaimana solusinya saat ketinggalan pesawat? Dikutip darielansir Insider, simak ulasannya berikut ini.

1. Bicara dengan pihak maskapai

Tak perlu panik, segeralah berbicara dengan perwakilan maskapai dan sampaikan bahwa kamu ketinggalan jadwal penerbangan. Menurut CEO AirHelp, Henrik Zillmer, beberapa maskapai punya aturan tak tertulis yang memungkinkan mereka mampu membantu memesankan tiket pesawat untuk penerbangan berikutnya.

Jika beruntung, orang-orang yang tertinggal pesawat karena alasan yang di luar pribadi, seperti macet akibat adanya kecelakaan lalu lintas, bahkan bisa dibantu untuk melakukan pemesanan tiket kembali tanpa dijatuhi biaya penalti.

Begitu pula jika kamu memberitahukan pihak maskapai terlebih dahulu. Misalnya, menelepon mereka ketika terjebak macet dan merasa tidak mungkin mengejar penerbangan. "Semakin segera maskapai tahu, akan semakin baik untuk membantumu mencari solusi terhadap situasi," ucap Zillmer.

Infografis Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

2. Pertimbangkan moda transportasi lain

Jika maskapai tidak bersedia memesankanmu tiket pesawat untuk jadwal lainnya tanpa penalti, lebih baik kamu memertimbangkan untuk membeli tiket untuk jadwal hari lainnya atau mencari alternatif maskapai.

Terkadang, lanjut Zillmer, membeli tiket dari maskapai lain pun tidak terlalu mahal. Selain itu, kamu juga bisa mencari jadwal penerbangan di hari berikutnya. Jika jarak destinasi tak terlalu jauh, kamu juga bisa memertimbangkan beralih ke moda transportasi lain, misalnya bus atau kereta.

3. Hubungi penyedia akomodasi

Ketinggalan pesawat mungkin telah merusak seluruh rencana perjalanannu. Entah itu untuk bekerja ataupun liburan dan bersenang-senang.

Oleh karenanya, pertimbangkanlah hal-hal seperti penjemputan dan transfer bandara, bersama dengan pihak akomodasi.

Segera berikan informasi ke pihak hotel bahwa kamu tidak bisa tiba tepat waktu sesuai reservasi, apalagi jika kamu harus membatalkan sepenuhnya. Bukan tanpa alasan, ini dilakukan demi menghindari adanya biaya tambahan.

4. Mencari tahu kompensasi

Jika kamu mengalami ketinggalan penerbangan lanjutan (connecting flight) karena gangguan atau keterlambatan pada penerbangan pertama, kamu berhak mendapatkan kompensasi dari maskapai.

Jumlahnya bervariasi, beberapa maskapai juga mungkin akan menawarkan untuk memindahkan jadwal ke hari berikutnya dan menyediakan akomodasi. Oleh karenanya, segeralah hubungi pihak maskapai jika kamu mengalami ketinggalan pesawat.

5. Pahami kebijakan maskapai

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan sebelum terbang adalah membiasakan diri dengan kebijakan maskapai yang kamu pesan.

Ketahui apa kontrak pengangkutan mereka, karena ini akan menguraikan bagaimana maskapai menangani berbagai skenario permasalahan, seperti penundaan, penerbangan yang terlewat, dan banyak lagi.

Jika kamu masih belum memahaminya, kamu bisa kembali lagi ke tips nomor satu, yakni berbicara dengan pihak maskapai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini