Share

4 Kuliner Ayam yang Hanya Ada di Bali, Udah Pernah Coba?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 02 301 2588540 4-kuliner-ayam-yang-hanya-ada-di-bali-udah-pernah-coba-0Ip7IL8S48.jpg Ayam klungkung (Cookpad)

BALI bukan hanya terkenal dengan keindahan alam, keunikan budaya dan tradisinya. Tapi juga punya segudang kuliner unik. Bahkan ada empat kuliner berbahan ayam yang hanya ada di Bali.

Bagi Anda yang berliburan ke Pulau Dewata, jangan lupa mencicipi makanan khas ini. Rasanya sungguh maknyus luar biasa.

Mengutip dari video yang diunggah akun TikTok @Bali Foodie, berikut empat kuliner ayam lezat yang hanya ada di Bali.

1. Ayam Be Keren

Keunikan kuliner ini adalah pada proses pengolahannya yaitu ayam dibalur bumbu lengkap Bali sambil dipijat-pijat lalu diisi daun singkong kemudian dibalut dengan pelepah pinang dan dimasak dengan bara sekam padi selama 12 jam. Rasanya luar biasa nikmat dan khas.

2. Ayam Guling Bali

Cara Pembuatan mirip babi guling. Mulanya ayam dibalur bumbu lalu perutnya diisi sayur daun singkong lalu diikat agar tidak tumpah. Kemudian dibakar dan diguling-guling.

 Ilustrasi

3. Ayam Klungkung

Kuliner ini termasuk legendaris dan hanya ada di Kabupaten Klungkung. Cara membuatnya adalah ayam yang sudah dipanggang kemudian dipotong-potong dan dicampur dengan bumbu khas.

 BACA JUGA: 10 Kuliner Malam Surabaya yang Enak dan Murah, Bikin Lidah Bergoyang

4. Sate Lilit Ayam

Beda dengan sate ayam lainnya, sate lilit ayam dibuat dengan ayam giling yang dicampur bumbu khas Bali. Kemudian dililitkan di tusukan sate kemudian dipanggang. Teksturnya padat dan lembut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini