Share

4 Hantu Wanita Sejenis Kuntilanak di Belahan Dunia, Lain Negara Beda Sebutannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 406 2589655 4-hantu-wanita-sejenis-kuntilaak-di-belahan-dunia-lain-negara-beda-sebutannya-8Dx24fTJXb.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KUNTILANAK dikenal sebagai hantu wanita di Indonesia. Sosoknya yang menyeramkan sangat ditakuti. Wujudnya menyerupai perempuan, rambut panjang acak-acakan, wajah pucat, mata seram dan berbaju putih atau merah.

Kuntilanak punya suara khas, yaitu ketika ingin menujukan keberadaannya ia akan tertawa lepas atau menangis. Sehingga membuat bulu kuduk merinding.

Nah ternyata, di luar negeri pun memiliki hantu yang sama lho, yaitu kuntilanak yang mana nama atau sebutannya berbeda-beda. Bentuknya pun hampir serupa, maka tak heran jika jenis makhluk satu ini cukup ditakuti.

 BACA JUGA: Merinding, 4 Objek Wisata Terkenal di Indonesia Penuh Aura Mistis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat jenis kuntilanak dan sebutannya di berbagai negara.

1. Sadako - Jepang

Bagi Anda penikmat film Jepang bergenre horor, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Sadako. Jenis hantu satu ini merupakan wujud seorang wanita, berambut panjang dan berbaju putih dan lusuh.

Hantu ini disebut juga dengan onryou, yakni merupakan hantu yang menaruh dendam kepada orang lain di semasa hidupnya. Biasanya arwahnya akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut.

 BACA JUGA: Keren, Gua Mistis di Jayawijaya Papua Ditata Jadi Objek Wisata

2. The White Lady - Inggris

Meskipun Inggris merupakan negara yang cukup maju, namun ternyata kepercayaan tentang tahayul atau makhluk astral juga masih melekat kepada sebagai warganya.

Salah satu hantu yang cukup ditakuti di Inggris yaitu bernama The White Lady. Merupakan jenis kuntilanak dipercaya sebagai tanda kematian. Hantu ini juga disebut-sebut sebagai arwah penasaran, meninggal dunia karena bunuh diri.

3. Phi Tai Hong - Thailand

Tak hanya dikenal dengan destinasi wisata dan kulinernya, Thailand juga memiliki kuntilanak yang cukup terkenal di dunia. Phi Tai Hong namanya, wujudnya seorang perempuan dan dulu saat meninggal dunia dalam keadaan tidak wajar.

Kematian mendadak dan tidak wajar ini, membuatnya menjadi mati penasaran. Dan kerap mendatangi seseorang untuk membalaskan dendam kepada yang telah merenggut nyawanya.

 Ilustrasi

4. Cheonyeo Gwishin - Korea

Siapa bilang Korea tidak memiliki kuntilanak. Negeri Ginseng ini memiliki hantu wanita yang disebut dengan Cheonyeo Gwishin, dan cukup ditakuti oleh masyarakatnya. Ditambah lagi hantu ini sering mengeluarkan tetesan darah dari mulutnya.

Dalam kepercayaan setempat, Cheonyeo Gwishin merupakan jelmaan hantu perempuan yang saat meninggal dunia dalam keadaan masih perawan. Wajahnya pucat, rambutnya panjang, dan memakai baju putih tradisional Korea. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini