Share

Fakta Unik Anak Berambut Gimbal Dieng, Titipan Abdi Nyi Roro Kidul

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 406 2589663 fakta-unik-anak-berambut-gimbal-dieng-titipan-abdi-nyi-roro-kidul-v9mw4RInPM.jpg Anak gimbal Dieng (Instagram @dewipratiwi212)

DIENG di Wonosobo, Jawa Tengah merupakan salah satu kawasan destinasi wisata favorit di pulau Jawa. Pemandangannya yang indah, udaranya sejuk menjadi nilai plus tersendiri untuk tempat ini. Tak hanya itu saja, terdapat tradisi unik di mana anak-anak Dieng ini memiliki rambut gimbal.

Anak-anak kecil di Dataran Tinggi Dieng memiliki tradisi unik yakni membuat rambut mereka menjadi gimbal. Hal ini bukan tanpa alasan, terdapat asal-usul dan mitos tersendiri yang terhubung dengan tradisi tersebut.

 BACA JUGA: Nikmatnya Manisan Carica, Oleh-Oleh Khas Dieng yang Menyegarkan

Dilansir dari berbagai sumber, anak-anak di dataran tinggi Dieng yang berambut gimbal sangat dimanja oleh orangtuanya. Ini karena sebagian masyarakat setempat percaya bahwa anak gimbal merupakan titipan dari Nyi Roro Kidul melalui seorang abdi dalem bernama Nyai Dewi Roro Rence Kerajaan Pantai Selatan.

 

Lalu apakah mereka boleh memotong atau mencukur rambutnya?

Tentu iya, anak-anak berambut gimbal tersebut diperbolehkan memangkas rambutnya. Akan tetapi dengan catatan, harus dilakukan ritual tertentu.

 BACA JUGA: Kebocoran Gas Beracun Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Dieng, Ini Faktanya

Pertama-tama, orangtua harus terlebih dulu memenuhi permintaan sang anak. Apabila sudah terpenuhi, maka barulah mereka bisa memangkas rambut anak-anaknya.

Kemudian rambut anak yang gimbal tersebut nantinya akan dilarung ke laut pantai selatan, yakni untuk dikembalikan kepada sang pemilik rambut, yaitu Nyai Dewi Roro Rence.

Namun selain itu, warga juga kerap menghanyutkan hasil-hasil bumi bersamaan dengan rambut gimbal sang anak. Jika ritual tersebut dilakukan dengan benar, makan konon nantinya rambut anak akan tumbuh dengan baik dan indah.

Tapi sebaliknya, jika ada kesalahan dalam menjalankan ritual maka ada kemungkinan rambut sang anak tumbuh dengan gimbal lagi.

Ilustrasi

Kesalahan-kesalahan yang dimaksud bisa berupa salah mengabulkan permintaan sang anak, maupun dalam menghanyutkan di lokasi yang salah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini