Share

4 Tanaman Penghasil Emas, Indonesia Ternyata Punya Lho

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 05 406 2589688 4-tanaman-penghasil-emas-indonesia-ternyata-punya-lho-IR1SSdASWy.jpeg Ilustrasi (Shutterstock)

ADA 4 tanaman penghasil emas. Ya, tanaman-tanaman tersebut memang mengandung partikel emas. Tak perlu ke luar negeri, karena Indonesia juga memiliki tanaman dimaksud.

Tanaman penghasil emas itu layaknya pompa yang mengalirkan air, kemudian meresap melalui akar dan menyebarkannya ke seluruh bagian pohon atau tanaman.

 BACA JUGA: Mengenal Buah Kansu, Buah Asli Papua yang Banyak Diincar Negara-Negara di Dunia

Lalu apa saja tanaman yang disebut-sebut sebagai penghasil emas? Berikut empat di antaranya. Salah satunya ada di Indonesia.

1. Jarak Pagar

Pernah mendengar tanaman Jarak Pagar? Tumbuhan satu ini mungkin Anda pernah melihat dan menemuinya di alam bebas. Nah ternyata, Jarak Pagar ternyata punya kemampuan luar biasa, yaitu bisa menghasilkan butiran emas murni.

Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB University) membuktikan, bahwa ada pohon emas yang tumbuh di Indonesia. Pohon tersebut terutama tumbuh di daerah yang tanahnya mengandung logam tinggi.

Tanaman tersebut menyerap logam itu disebut dengan hiperakumulator. Pohon ini sebenarnya bukan hanya dapat menyerap emas, melainkan logam mulia lain seperti perak, nikel, dan platinum.

 BACA JUGA: Hebat! Ada Tanaman Penghasil Emas dan Tumbuh di Indonesia

2. Jamur Merah Muda

Selanjutnya adalah jamur merah muda yang diklaim memiliki kandungan partikel emas di dalamnya. Jenis jamur ini ditemukan di Australia Barat dan sudah diteliti oleh peneliti dari sana.

Biasanya ukuran jamur merah muda cenderung lebih besar, hal ini karena tanaman ini berinteraksi dengan emas di tanah. Jamur ini juga bisa dikatakan, sebagai penanda adanya kandungan emas pada tanah yang ia tumbuhi.

3. Daun pandan

Daun pandan umumnya sering digunakan untuk menambah aroma masakan, dan juga pewarna hijau alami. Namun Menariknya, di dalam daun satu ini terdapat kandungan logam mulia. Bukan hanya emas, tapi berlian.

Akan tetapi tidak semua jenis daun pandan mengandung partikel emas, lho. Hanya ada pada jenis tertentu saja, melainkan pandanus candelabrum, atau lebih dikenal sebagai pandan lilin.

Perlu diketahui, pandan lilin berbeda dengan pandan yang banyak tumbuh di Indonesia. Pasalnya, pandan lilin banyak tumbuh di daerah gurun, tepatnya di Afrika.

 Ilustrasi

4. Pohon Kayu Putih

Tak ada yang mengira, bahwa pohon kayu putih juga mengandung partikel-partikel emas di dalamnya. Penemuan ini juga telah dibuktikan oleh para peniliti dari Australia, dalam jurnalnya yang dipublikasikan menyebutkan, bahwa partikel emas di pohon kayu putih banyak terdapat pada daun.

Selain ada pada dedaunanny, partikel-partikel emas juga terkandung pada ranting dan pohon kayu putih. Para peneliti mengatakan, dibutuhkan setidaknya 500 pohon kayu putih untuk menghasilkan cincin emas. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini