Share

14 Makanan Khas Ciamis yang Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 08 301 2590743 14-makanan-khas-ciamis-yang-wajib-dicoba-rasanya-bikin-ketagihan-OEzq8NPzQb.JPG Pindang gunung salah satu makanan khas Ciamis (cookpad.com)

ADA 14 makanan khas Ciamis. Ciamis termasuk salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki daya tarik tersendiri. Jika di kabupaten ini tidak perlu lagi bingung makanan karena kuliner yang tersedia sangat menggiurkan untuk dicicipi.

Ciamis termasuk kabupaten yang memiliki potensi tinggi untuk pariwisata. Potensi wisata yang dimiliki juga tidak kalah menarik mulai dari pegunungan hingga waduk.

Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa Ciamis sebagian besar desanya berada di lereng gunung yang tentu saja banyak sekali aliran sungai bersih berasal langsung dari mata air pegunungan.

Selain tempat wisata yang menarik ciamis juga memiliki makanan khas Ciamis yang harus dicoba oleh wisatawan. Tentu memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan daerah lain.

Lantas, makanan khas apa saja di Ciamis yang wajib dicoba? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Galendo Ciamis

Makanan ini cukup terkenal oleh masyarakat Ciamis. Makanan ini terbuat dari santan kelapa yang melalui proses perebusan hingga menjadi minyak. Minyak yang dibentuk akan menghasilkan endapan.

Endapan ini yang kamu kenal biasanya disebut Galendo atau blotong. Baru kemudian galendo yang sudah dipres ini dikeringkan. Dalam perkembangannya galendo ini memiliki banyak varian rasa yang dikemas sebagai mana oleh-oleh dari daerah lain.

Galendo ini dapat kamu temukan di hampir semua toko oleh-oleh khas Ciamis sebagai makanan khas Ciamis. Galendo dibanderol dengan kisaran harga Rp100.000,- per kilogramnya.

Pindang Gunung Khas Ciamis

Makanan khas Ciamis yang satu ini adalah olahan ikan berkuah seperti halnya sup ikan. Pindang gunung memiliki cita rasa yang segar karena adanya rasa asam dan pedas.

Umumnya ikan yang digunakan adalah ikan kakap merang, tongkol ataupun carwang. Tidak sulit untuk mendapatkan kuliner Ciamis ini karena tersedia dari mulai taraf restoran hingga tersedia di warung-warung makan kecil di Ciamis.

Untuk dapat menikmati seporsi pindang gunung ini kamu hanya mengeluarkan uang sebesar Rp30.000,- per porsinya.

Sale Pisang Ciamis

Banyak yang mengira kuliner ini asli Cilacap, Jawa Tengah. Namun kenyataannya, makanan ini juga termasuk makanan khas Ciamis.

Camilan ini terbuat dari pisang dengan bentuknya yang diiris memanjang. Kemudian digoreng dengan tepung sehingga memiliki tekstur akhir yang di luar krispi dan lembut di dalam.

Pusat sale pisang Ciamis yaitu di daerah Padaherang, Banjarsari. Untuk mendapatkan sale pisang dengan kualitas ekspor ini kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp10.000,- per bungkusnya.

Ilustrasi

Sale pisang

Mi Golosor Khas Ciamis

Kuliner mi sebenarnya bisa ditemui di mana saja baik di pulau jawa maupun pulau lain di Indonesia. Namun untuk mi satu ini berbeda. Dilihat dari namanya golosor artinya licin maka mi ini mudah diseruput lantaran dari bentuknya yang tergolong lebih besar dari mi lainnya.

Makanan khas Ciamis yang juga merupakan makanan khas sunda ini terbuat dari tepung kanji sehingga teksturnya kenyal.

Biasanya dihidangkan berkuah dengan toping di atasnya berupa daging, baik sapi maupun ayam dan ditambah kerupuk akan lebih meriah lagi saat memakannya.

Mi golosor tidak hanya disajikan berkuah saja, namun juga disajikan dalam bentuk mi golosor goreng dan mi gelosor bakso. Keduanya memiliki rasa khas masing-masing yang tentunya akan mengenyangkan kamu dan bakal bikin kamu kangen kuliner ini.

Untuk dapat menikmati mi golosor ini, kamu dapat mengunjungi kedai Mie bakso H.Oding. Lokasinya berada di Jl. Ir. H. Juanda No. 147, kabupaten Ciamis. Perporsi mi golosor dapat kamu nikmati dengan mengeluarkan biaya Rp. 15.000,- hingga Rp. 30.000.

Dendeng Sapi Makanan Khas Ciamis

Oleh-oleh satu ini juga termasuk makanan khas Ciamis. Seperti terlihat dari namanya terbuat dari daging sapi yang telah dibumbui kemudian dikeringkan atau dijemur.

Dendeng ini bisa dinikmati jika digoreng terlebih dahulu. Kemudian akan lebih enak lagi disantap sebagai lauk menemani nasi putih hangat.

Cita rasa yang gurih membuat makanan ini menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli. Dendeng dikemas dalam bentuk kering dengan dilengkapi rempah-rempah khas sehingga dapat bertahan lama.

Kamu yang ingin mendapatkan makanan khas Ciamis ini dapat datang ke toko oleh-oleh Rajawali. Lokasinya berada di Jl. Raya Ciamis-Banjar. Per bungkus dendeng sapi dibanderol dengan harga Rp. 27.000,- hingga Rp. 100.000,- tergantung dari ukuran.

Abon Sapi

Siapa sih yang tak suka abon sapi? Penganan enak nan nagih ini juga merupakan salah satu makanan khas Ciamis. Seperti halnya abon yang lainnya prosesnya pun sama.

Produk ini berupa suwiran kecil dari daging sapi dengan diberi bumbu khas sehingga citarasa yang dimunculkan sangat enak.

Abon sapi ini dapat kamu temui di toko oleh-oleh Rajawali yang berada di Jl. Raya Ciamis-Banjar. Untuk mendapatkan abon sapi ini kamu dapat mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000 hingga Rp. 100.000 per bungkusnya tergantung dari ukuran kemasan.

Saroja Khas Ciamis

Saroja juga termasuk makanan khas Ciamis. Makanan satu ini memang berbentuk bunga Saroja tak heran bila namanya Saroja.

Saroja biasa dikenal sebagai kembang goyang. Bahan utama pembuatannya yaitu tepung terigu, telur dan gula yang kemudian digoreng dengan cetakan berbentuk bunga.

Cemilan khas Ciamis ini dapat ditemukan di semua toko oleh-oleh Ciamis. Dibanderol dengan harga Rp2.000,- per bungkusnya.

Cocorot Makanan Tradisional Ciamis

Jika di Jawa Tengah dan Jawa Timur mengenal makanan tradisional Celorot, di Ciamis ada makanan Cocorot. Sebenarnya keduanya tak ada bedanya, hanya berbeda nama saja.

Makanan yang memiliki nama unik ini memiliki penampakan yang unik pula. Kuliner satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Hasil akhirnya mirip seperti dodol.

Uniknya, pembungkus cocorot adalah janur atau daun kelapa yang masih muda dan berbentuk terompet. Oleh-oleh Ciamis ini dapat ditemukan di semua toko oleh-oleh Ciamis dan pasar-pasar tradisional yang menjual oleh-oleh. Mudah ditemui di daerah Pangandaran, Cijulang, Cimerak dan Parigi.

Ilustrasi

Surabi Khas Ciamis

Surabi atau yang dikenal sebagai serabi juga dapat ditemukan di Ciamis. Di Ciamis ini, surabi disajikan dengan beragam toping pilihan sesuai dengan selera.

Toping yang disediakan ada dua macam yaitu toping manis dan toping asin. Toping manis misalnya susu, cokelat, stroberi dan masih banyak lagi. Sedangkan toping asin misalnya telur, keju, oncom, abon dna masih banyak yang lainnya.

Untuk kamu yang penasaran dengan rasanya dan ingin menikmati makanan khas Ciamis ini, yaitu surabi banyak ditemukan disekitar pasar-pasar tradisional Ciamis.

Harganya pun tergolong amat terjangkau yaitu Rp5.000,- hingga Rp15.000,- tergantung dari toping yang dipilih.

Kecimpring Ciamis

Keripik khas Ciamis ini merupakan salah satu cemilan yang tidak dapat dilewatkan. Terbuat dari singkong dan berbagai macam rempah, membuatnya menjadi kaya rasa.

Kecimpring ini dijual dalam dua versi yaitu mentah dan matang yang telah siap makan. Bagi kamu yang ingin mencicipi keripik satu ini bisa menemuinya di pasar tradisional.

Sebungkus kecimpring yang siap lahap dibanderol dengan harga Rp10.000,- hingga Rp20.000,-. Sedangkan kecimpring yang mentah dibanderol dengan harga Rp20.000,- dan Rp30.000,- per kilogramnya.

Gula Aren

Salah satu oleh-oleh Ciamis yang dapat dijadikan buah tangan adalah gula aren. Gula aren asli Ciamis ini memiliki bentuk bulat-bulat kecil sehingga mudah dibawa.

Terbuat dari nira aren yang dimasak, gula aren memiliki rasa yang khas dibandingkan dengan gula jawa biasanya. Bingkisan makanan khas Ciamis yang menarik ini dapat kamu peroleh di pasar-pasar tradisional daerah Ciamis ataupun di toko oleh-oleh.

Gula Kelapa

Gula kelapa umumnya disebut sebagai gula jawa. Bahan dasar gula ini adalah sari kelapa atau nira kelapa, yang diolah melalui proses pemanasan sehingga mengental dan menghasilkan cita rasa gula kelapa yang khas.

Gula ini banyak dijadikan buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Ciamis. Gula kelapa biasanya banyak ditemukan pada pasar-pasar tradisional yang ada di Ciamis.

Selain itu, juga dapat ditemukan di toko oleh-oleh dengan dikemas cantik, sehingga memudahkan untuk dibawa. Harganya tergantung ketersediaan nira sebagai bahan dasarnya.

Opak Khas Ciamis

Opak atau kerupuk merupakan cemilan khas Ciamis yang dapat kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Opak berbahan dasar ketan yang kemudian dibuat kerupuk berbentuk bulat-bulat.

Jajanan yang tergolong tradisional ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional dan Cikoneng. Selain di pasar-pasar tradisional, opak juga dapat ditemukan di semua toko oleh-oleh.

Untuk mendapatkannya, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp20.000,- per bungkusnya.

Colok Gembrung

Makanan yang memiliki tampilan layaknya sate ini berbahan dasar kulit yang dibumbui dengan galendo. Makanan yang memiliki rasa khas yang gurih dan nagih ini akan membuat siapapun ketagihan untuk memakannya lagi.

Colok gembrung merupakan makanan kegemaran masyarakat Ciamis mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Colok Gembrung ini banyak dijual di Pasar Manis Ciamis. Selain itu, ketika kamu berkunjung tepat hari minggu, kamu dapat mengunjungi taman BMX Cigembor Ciamis. (sal)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini