Share

Rumah Indonesia Dibuka di Paris, Tampilkan Warung Kopi hingga Galeri Nusantara

Antara, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 08 406 2590673 rumah-indonesia-dibuka-di-paris-tampilkan-warung-kopi-hingga-galeri-nusantara-qxM6yJNuro.jpg Pembukaan Rumah Indonesia di Paris, Prancis (Antara/LMDI)

RUMAH Indonesia atau La Maison De L’Indonésie (LMDI) akan dibuka secara resmi pada 18 Mei di Paris, Prancis dengan menampilkan warung kopi, toko Indonesia, galeri dan ruang pameran bertema Nusantara.

"Akhirnya Rumah Indonesia (LMDI) di Paris memiliki gedung sendiri secara permanen untuk bisa melakukan kegiatan promosi produk-produk Indonesia secara maksimal," kata LMDI dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu (8/5/2022).

 BACA JUGA: Puncak Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur saat Libur Lebaran Tembus 31.089 Orang

Rumah Indonesia berlokasi di Montparnasse, kawasan strategis untuk bisnis dan pariwisata, yang tidak jauh dari stasiun kereta api Montparnasse. Lokasinya juga berada di depan mal baru yang bakal memiliki pujasera terbesar di Eropa dengan luas 6.000 meter persegi.

Setelah direnovasi selama tiga bulan, Rumah Indonesia akan dibuka dengan pemotongan tumpeng dan penampilan tari-tarian tradisional oleh para diaspora Indonesia di Prancis.

 

Gedung seluas 125 meter persegi itu didekorasi dengan nuansa Indonesia oleh sejumlah artisan berbakat dari Indonesia yang tinggal di Prancis. Langit-langitnya dihiasi gambar awan bermotif mega mendung.

Ada peta kopi Nusantara yang diukir di atas kayu. Peta itu menunjukkan sejumlah daerah penghasil kopi di Indonesia dan dilengkapi ukiran kayu tentang tiga burung khas Indonesia: elang Jawa, cenderawasih, dan enggang.

 BACA JUGA: Tiket Masuk Cuma Rp10 Ribu, Pantai Randusanga Jadi Tempat Wisata Favorit di Brebes

Lukisan mural berwarna-warni yang menampilkan budaya, tradisi, flora, dan fauna Indonesia, terpajang di dindingnya.

Rumah Indonesia menjual biji kopi dan produk UMKM Indonesia lainnya, seperti bumbu, rempah, jamu, kecap kelapa, dan teh.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain menyuguhkan minuman khas Indonesia, warung kopi Rumah Indonesia juga menawarkan kuliner khas Indonesia seperti nasi uduk, nasi goreng, mi goreng, dan mi ayam. Pengunjung warung bisa mencicipi juga jamu Indonesia yang dibuat dengan cara kekinian.

Rumah Indonesia juga menyediakan gerai Visit Indonesia Tourism Office (VITO) yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Barang kerajinan, wastra dan buku tentang Indonesia juga akan dijual di Rumah Indonesia.

Rumah Indonesia juga berencana untuk mengadakan kegiatan seni dan program lain untuk mempromosikan pariwisata dan produk Indonesia di Prancis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini