Share

5 Penyebab Kecelakaan Pesawat Terbang yang Sering Terjadi, Nomor 2 Paling Ditakuti Pilot

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 406 2591564 5-penyebab-kecelakaan-pesawat-terbang-yang-sering-terjadi-nomor-2-paling-ditakuti-pilot-JjPYLvHNki.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TERDAPAT berbagai alasan mengapa pesawat mengalami kecelakaan hingga terjatuh. Di antaranya ada lima penyebab kecelakaan pesawat paling umum terjadi, seperti faktor kesalahan pilot dan faktor cuaca.

Insiden penerbangan atau kecelakaan pesawat, seperti yang biasa kita ketahui, mungkin merupakan salah satu peristiwa paling menakutkan dan menghancurkan yang bisa terjadi pada seseorang, khususnya penumpang.

Meskipun jumlah total kecelakaan pesawat telah menurun selama beberapa dekade terakhir, masih ada kemungkinan untuk itu terjadi, dan ketika itu terjadi, akibatnya sangat menyeramkan.

Apa yang menyebabkan semua pesawat ini jatuh? Penyebab jatuhnya pesawat dapat ditelusuri ke beberapa alasan.

Mengutip laman Ataturk Airport, berikut adalah beberapa penyebab paling umum dan alasan mengapa pesawat jatuh:

1. Kesalahan pilot

Kesalahan pilot mungkin dianggap sebagai alasan nomor satu untuk kecelakaan pesawat. Peran seorang pilot sangat berpengaruh atas segala yang terjadi dengan pesawat. Istilah 'kesalahan pilot' mengacu pada tindakan atau keputusan dari pilot (atau co-pilot) yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Infografis Pesawat

Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan dan mengendalikan pesawat agar penerbangan dapat berjalan dengan lancar dan selamat.

2. Cuaca buruk

Menerbangkan pesawat menjadi jauh lebih sulit dan berbahaya dalam cuaca buruk. Cuaca buruk dapat mengganggu perangkat dan mesin di dalam pesawat.

Dan ini dapat menyebabkan gangguan penerbangan yang dapat berakibat kecelakaan. Meski cuaca jarang menjadi penyebab dalam kecelakaan pesawat, seorang pilot harus tetap perlu waspada karena cuaca tidak dapat diprediksi dengan pasti.

3. Desain dan kegagalan mekanik

Desain dan bahan yang digunakan dalam pembuatan pesawat terbang adalah beberapa faktor penyebab kecelakaan pesawat. Desain yang buruk dan material di bawah standar dapat menyebabkan pesawat tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Sabotase

Sabotase seperti serangan teroris dan pembajakan pesawat adalah salah satu penyebab paling mengerikan dari kecelakaan pesawat. Mereka diam-diam menanam bom di dalam pesawat atau mereka sendiri yang naik ke pesawat dan menyebabkan ledakan di dalam pesawat.

5. Tabrakan di Udara

Tabrakan di udara mengacu pada kecelakaan pesawat yang melibatkan kontak langsung dengan objek lain saat terbang. Ini bisa disebabkan oleh pesawat lain atau bahkan burung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini