Share

Heboh Temuan Bangunan Kuno Mirip Candi, Peninggalan Mpu Sindok?

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 406 2592181 heboh-temuan-bangunan-kuno-mirip-candi-peninggalan-mpu-sindok-AkWK7lxm5e.JPG Bangunan kuno mirip candi diduga peninggalan kerajaan masa lalu (Foto: YouTube/Kuno Brono)

WARGA Dusun Tondowongso, Desa Gayam, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Jawa Timur menemukan sebuah situs bangunan kuno secara tidak sengaja.

Penemuan itu diungkap oleh kanal YouTube 'Kuno Brono', yang menyebutkan bahwa semua berawal saat sejumlah warga hendak membuat batu bata merah dengan cara menggali tanah dan dibuat uruk.

โ€œSitus ini dulu konon saat membuat bata merah dengan menggali tanah dan dibuat uruk. Posisinya sudah hancur sudah banyak lumutnya,โ€ ungkap sang pemilik akun, dikutip oleh MNC Portal.

Bangunan Kuno Mirip Candi
(Foto: YouTube/Kuno Brono)

Setelah dilakukan penggalian, betapa terkejutnya warga lantaran menemukan susunan batu yang menyerupai bangunan kuno. Situs itu pun diduga merupakan istana kerajaan di masa lampau hingga candi.

โ€œIni diduga sebuah candi atau istana, ada yang menyebutkan peninggalan Raja Airlangga hingga Mpu Sindok,โ€ ungkap pria dalam video.

Berdasarkan penelusuran pemilik kanal YouTube tersebut memang tampak setumpuk bebatuan yang tertata rapi layaknya sebuah bangunan Selain itu, ada juga batu andesit yang dibuat menjadi fondasi.

Lokasinya yang berada di bawah tanah membuat temuan yang diduga situs peninggalan kuno itu dipenuhi oleh lumut hingga rumput dan dedaunan.

Ilustrasi

Adapun letaknya sendiri berada di sebuah area yang menjadi lapangan dan merupakan perbatasan antar desa. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini