Share

7 Negara yang Penduduknya Suka Membaca Buku, Tingkat Literasinya Tinggi

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 408 2592277 7-negara-yang-penduduknya-suka-membaca-buku-tingkat-literasinya-tinggi-TARyhsEhin.jpg 7 negara yang penduduknya suka membaca buku (Momjunction)

ADA 7 negara yang penduduknya suka membaca buku, sehingga tingkat literasi sangat tinggi.

Budaya membaca memang gerbang untuk menemukan wawasan baru. Oleh karena itu lah, banyak negara yang sudah membiasakan penduduknya membaca buku sejak dini.

Tak heran, di negara-negara yang akan dibahas kali ini, perpustakaan bisa dengan mudah dijumpai. Lantas ada negara apa saja? berikut 7 negara yang penduduknya suka membaca buku.

 BACA JUGA: 4 Negara di mana Toilet Susah Ditemukan, Warganya Suka Buang Hajat Sembarangan

1. Belanda

Kebiasaan membaca bahkan sudah ditumbuhkan sejak anak-anak di Belanda masih kecil. Sewaktu masih berusia empat bulan, bayi-bayi di Belanda akan langsung mendapat formulir anggota perpustakaan.

2. Swedia

Biasanya, keluarga yang baru memiliki bayi di Swedia akan diberikan bingkisan berisi buku bacaan. Hal ini bertujuan agar sejak kecil, anak-anak sudah memiliki jiwa literasi yang baik.

 

3. Jepang

Lebih dari seratus buku dipinjam oleh penduduk Tokyo setiap tahun. Jadi wajar saja jika Jepang disebut sebagai negara yang penduduknya suka membaca.

Tokyo sendiri memiliki beberapa perpustaan besar yang memadai. Antara lain ada Akasaka Library dan Tokyo Metropolitan Central Libarary.

 BACA JUGA: Objek Wisata Diserbu Wisatawan, Sandiaga Uno: Semakin Terbuka Lapangan Kerja

4. Finlandia

Sudah bukan rahasia lagi jika Finlandia adalah negara yang penduduknya suka membaca buku. Di Finlandia, menemukan perpustakan bukanlah hal sulit.

Bayangkan saja, ada 738 perpustakaan yang meliputi perpustakaan universitas maupun umum.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

5. China

Negara China, tepatnya kota Shanghai penduduknya diketahui suka membaca buku. Terbukti, ada lebih dari 80 juta buku yang dipinjam penduduk dari perpustakan kawasan Shanghai.

6. Hongkong

Hongkong termasuk ke dalam negara yang penduduknya suka membaca buku. Alhasil, perpustakan umum banyak didirikan di sana.

 Ilustrasi

Ada sekitar 49 juta buku dipinjam oleh masyarakat setiap tahunnya.

7. Australia

Australia memiliki sebuah program agar orangtua bisa menanamkan budaya membaca dalam keluarga. Program tersebut dinamai 'Reading Challenge' atau tantangan membaca.

Salah satu kota di Australia, tepatnya Melbourne, penduduk difalisitasi perpustakaan umum yang tersebar di setiap sudut kota. Misalnya saja State Library Voctoria dan City Library.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini