Share

Menegangkan! Pilot Mendadak Tak Berdaya, Penumpang Ambil Alih Pendaratan Pesawat

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 406 2593169 menegangkan-pilot-mendadak-tak-berdaya-penumpang-ambil-alih-pendaratan-pesawat-FTFQa5aWOq.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

SEORANG penumpang yang tak berpengalaman menerbangkan pesawat bertindak heroik. Ia berhasil mendaratkan pesawat Cessna 208 bermesin tunggal dengan selamat di Bandara Florida, Amerika Serikat, menggantikan pilot yang tiba-tiba tak berdaya di tengah penerbangan.

Menara pengendali lalu lintas udara atau Air Traffic Controller (ATC) pada Selasa 10 Mei 2022 merekam momen menegangkan tersebut. Pihak menara ATC mendengar bahwa penumpang tersebut melaporkan kondisi di pesawat sedang gawat karena pilot sudah tak berdaya.

Penumpang itu juga mengaku ke ATC kalau dirinya tidak tahu cara menerbangkan pesawat. "Saya tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat," kata penumpang itu sebagaimana dilansir dari CNN Travel, Kamis (12/5/2022).

Petugas ATC, Robert Morgan yang merupakan seorang instruktur penerbangan bersertifikat mencoba membimbing penumpang tersebut mendaratkan pesawat.

Morgan mengetahui penumpang tersebut memang tidak pernah menerbangkan pesawat, tapi pernah berada di sekitar penerbangan dan melihat pilot lain terbang.

"Dia sangat tenang. Dia berkata, 'saya tidak tahu bagaimana cara terbang. Saya tidak tahu bagaimana menghentikan benda ini jika saya sampai di landasan’" ujar Morgan meniru ucapan pria tersebut.

Morgan belum pernah menerbangkan pesawat Cessna. Dia akhirnya mengambil gambar tata letak panel instrumen dan mulai membimbing penumpang tersebut selangkah demi selangkah.

"Coba pegang kendali sayap dan coba menurunkannya. Dorong kendali dan turunkan perlahan. Ikuti jalur pesisir utara atau selatan.Kami sedang mencoba melacakmu," kata Morgan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pesawat itu akhirnya mendarat di Bandara Florida. "Saya sangat senang bahwa itu berhasil dan tidak ada yang terluka."

Setelah pesawat mendarat, Morgan bertemu dengan penumpang yang dibimbingnya. Ia memeluknya dengan erat.

"Itu adalah momen yang emosional. Dia mengatakan bahwa dia hanya ingin pulang ke rumah istrinya yang sedang hamil," kata Morgan.

Ilustrasi

"Di mata saya, dia adalah pahlawan. Aku hanya melakukan pekerjaanku."

Sementara kondisi pilot Cessna yang tak berdaya diduga memiliki masalah kesehatan. Pesawat itu membawa dua penumpang dan semuanya selamat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini