Share

Kuliner Sedap yang Wajib Kamu Coba Saat di Bali

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 25 2593724 kuliner-sedap-yang-wajib-kamu-coba-saat-di-bali-P52E28RtrT.jpg Nasi Cmpur Bali ( Foto: Barry Kusuma)

Pada tahun 2022 ini, Indonesia mendapatkan kehormatan untuk berperan sebagai tuan rumah perhelatan Konferensi G20. Konferensi yang akan dihadiri 20 negara besar dunia termasuk Indonesia ini rencananya akan digelar di Jakarta dan Bali.

Menjadi tuan rumah acara tingkat dunia tentunya bukan hal pertama untuk Bali. Bali mempunyai kesiapan infrastruktur, mulai dari hotel bintang lima dan convention center yang sesuai dengan standar acara MICE dunia, hingga bandara berskala internasional.

Menariknya, dalam acara skala internasional di Bali, tidak jarang kita menemukan menu-menu khas Bali yang menjadi sajian bagi para tamu undangan atau peserta acara konferensi. Bersanding dengan kuliner Barat dan kuliner Asia lainnya, kuliner Bali juga menempati tempat tersendiri.

Masakan khas Bali memiliki ciri perpaduan bumbu rempah yang kuat dan aromanya yang nikmat. Ingin lebih banyak rekomendasi tempat kuliner di Bali? Follow akun Instagram @pesona.Indonesia, di sana banyak rekomendasi destinasi wisata dan berbagai produk ekonomi kreatif yang ada #DiIndonesiaAja. Selain itu, Anda bisa mengikuti beragam Pesona Punya Kuis (PUKIS) untuk mendapatkan hadiah merchandise keren dan uang jutaan rupiah dari Wonderful Indonesia.

Bagi Anda warga lokal, bisa juga ikutan sayembara Ambassador Kampung Sini (AKAMSI) yang akan segera berakhir pada 15 Mei 2022. Mumpung masih ada kesempatan, segera ikutan yuk! Sayembara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada #DiIndonesiaAja, jika Anda suka jelajah rasa bisa juga rekomendasikan kuliner dan UMKM yang enak dan autentik. Ada banyak hadiah smartphone dan uang tunai jutaan rupiah, siapa tahu rekomendasi Anda yang dipilih, cek detail informasinya melalui website Indonesia.travel dan Instagram @pesona.indonesia aja ya!

Nah, berikut rekomendasi sejumlah kuliner khas Bali yang wajib Anda cicipi ketika liburan.

1. Nasi Bali

Nasi campur Bali atau sering juga disebut nasi Bali ini adalah makanan yang cukup populer di seluruh penjuru Bali. Pokok sajian ini adalah nasi yang disajikan lengkap dengan sayuran dan lauk khas Bali. Contohnya, sayur urap, sate lilit, ayam suwir pedas, ayam betutu, sate lilit, dan lengkap dengan sambal matah.

Dengan satu porsi nasi Bali yang lengkap dengan sayur dan lauk, selera Anda akan dipuaskan. Namun, Anda perlu mencermati sebelum membeli karena nasi Bali biasanya ada tiga macam, yaitu nasi campur ayam, nasi campur babi, dan nasi campur bumbu pedas. Jadi, penting untuk mengetahui jenis nasi Bali agar tidak salah beli. Beberapa warung nasi Bali yang cukup populer antara lain Nasi Pedas Ibu Andika dan Nasi Ayam Ibu Oki.

2. Sate lilit

 

(Foto : Barry Kusuma)

Lauk yang satu ini seolah tidak pernah terlewat. Sate lilit ini mempunyai tekstur yang empuk dan rasa yang enak dengan paduan bumbu rempah yang kuat. Biasanya, sate lilit terbuat dari daging ayam atau daging ikan (ikan tenggiri atau tuna) yang dicincang halus.

Daging cincang ini kemudian dicampur dengan beragam bumbu dan ditata memanjang di tusukan bambu atau batang serai. Setelahnya, sate ini akan dibakar hingga matang. Karena rasanya yang lezat dan tekstur yang empuk, sate lilit ini bisa dinikmati oleh semua usia. Anda bisa menemukan sate lilit hampir di semua restoran atau rumah makan yang menyajikan masakan khas Bali.

3. Ayam Betutu

 

Menu Betutu Ayam Kampung dengan sambal matahnya ini sulit untuk ditolak saat Anda berkunjung ke Bali dan menemukannya. Dijamin Anda ketagihan. (Foto: Barry Kusuma)

Kelezatan ayam betutu tidak perlu diragukan lagi. Daging ayam yang empuk berlumuran bumbu jadi ciri khas tampilan sajian ayam betutu. Tekstur empuk ini didapat dari proses pemasakan ayam betutu dengan menggunakan bara sekam selama berjam-jam.

Tidak hanya empuk, proses pemanggangan ini membuat bumbu-bumbu meresap ke dalam daging ayam dengan optimal sehingga setiap gigitan ayam betutu terasa sangat nikmat. Selain ayam betutu, ada juga bebek betutu yang tidak kalah populer. Menu ayam betutu atau bebek betutu ini juga mudah ditemukan di berbagai rumah makan dan restoran khas Bali.

 

4. Nasi Jinggo

Selain nasi campur, nasi jinggo juga merupakan sajian khas Bali yang cukup populer. Porsi nasi jinggo sebenarnya tidak terlalu banyak. Bahkan porsinya mungkin mengingatkan Anda pada nasi kucing khas Jawa.

Isian nasi jinggo berupa irisan tempe goreng atau ayam suwir pedas. Mungkin nasi jinggo terkesan lebih sederhana dari nasi Bali, tetapi porsi nasi jinggo ini cocok bagi Anda yang tidak ingin terlalu kenyang bersantap. Selain itu, nasi jinggo juga sangat mudah ditemukan di berbagai warung di Bali.

5. Lawar

 

Lawar sapi (Foto : Instagram @lawarsapi_burincim)

Menyebut lawar, mungkin sebagian orang merasa sangsi karena pemakaian daging babi di dalamnya. Padahal, olahan sayur yang satu ini juga bisa terbuat dari daging ayam, sapi, bebek jawa (enthog) yang diproses hingga matang.

Lawar biasanya terbuat dari daging cincang yang dicampur bumbu-bumbuan dan potongan sayur. Sayur yang dicampurkan untuk lawar kebanyakan kacang panjang yang dipotong-potong kecil dan ditambah dengan parutan kelapa. Ini membuat rasa lawar kaya bumbu dan nikmat saat disantap.

 

6. Serombotan

(Foto : Instagram @novarizkiarifianto)

Mirip dengan urap atau gudangan di Jawa adalah serombotan. Sayur khas Bali ini terbuat dari bayam, kangkung, kacang panjang, dan kecambah yang direbus. Bumbu aduknya biasanya berupa kelapa parut yang disangrai, sambal, dan ditambah dengan kacang tanah yang digoreng garing.

Serombotan juga cukup mudah ditemukan di berbagai rumah makan yang menyajikan masakan khas Bali. Rasanya segar, gurih, manis, dan pedas bercampur jadi satu. Tak mengherankan bila serombotan menjadi salah satu sayur yang wajib dicoba ketika mengunjungi Bali.

 

7. Sambal matah

 

(Foto : Instagram @novarizkiarifianto)

Begitu mudahnya menemukan sambal matah di Bali. Sambal matah yang artinya sambal mentah ini biasanya menjadi sambal pendamping hampir setiap jenis masakan Bali. Sambal matah terbuat dari irisan bawang, cabai, dan serai yang dicampur dengan terasi bakar. Lalu minyak goreng panas dituang ke dalam dan diaduk hingga tercampur rata. Terkadang, ada yang menambahkan air jeruk ke dalamnya untuk menciptakan rasa asam segar dalam sambal.

 

8. Aneka buah dan camilan khas Bali

 

Buah salju ditemukan di Bedugul ini tengah viral di media sosial (Foto : Instagram @fesiang)

Tidak hanya makanan utama yang akan menyambut Anda ketika berkunjung ke Bali. Anda pun masih bisa mencicipi buah khas bali seperti jeruk bali, salak bali, dan belakangan yang tengah populer adalah buah salju.

Buah salju merupakan salah satu buah langka di Indonesia yang berasal dari Bali. Selain itu, tidak semua daerah di Bali memiliki buah salju. Jika ingin mencicipi buah yang memiliki daging buah putih lembut dan berbiji hitam ini, Anda perlu mengunjungi daerah Bedugul, Bali. Sempatkanlah untuk mencicipi buah salju karena mungkin Anda akan sulit menemukannya di daerah lain.

Oleh-oleh khas Bali pun tak kalah enak. Anda bisa membeli camilan khas Bali seperti pia (pia kering atau pia kukus), pie susu, dodol khas Bali, dan kacang disko. Jika Anda penggemar kopi, sempatkan menjinjing kopi Bali Kintamani.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga terus mengajak para pelaku UMKM untuk ikut berkontribusi dalam perekonomian nasional. Sehingga peluang usaha baru dan lapangan kerja bagi masyarakat bisa terbuka lebar. "Kita jangan pernah menyerah untuk menebarkan berkah, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, memberdayakan UMKM, dan juga terus berkontribusi untuk perekonomian nasional. Yang utama itu, kalau dalam berbisnis kita jujur, insyaallah bisnis kita akan laris dan barokah," ungkap Sandiaga.

Sandiaga juga memberikan dukungan bagi setiap pelancong yang berwisata ke berbagai daerah di Indonesia, terutama Bali. Dengan berwisata lokal, itu artinya kita juga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dari sektor pariwisata.

“Peningkatan kunjungan wisatawan ini juga akan berdampak pada tingkat hunian kamar hotel bertambah, peluang usaha dan lapangan kerja kembali terbuka, dan UMKM di Bali akan semakin berdaya,” ungkap Sandiaga.

Selama plesiran di Bali, jangan lupa untuk senantiasa selalu menjalankan protokol kesehatan di mana pun Anda berada agar jalan-jalan Anda sehat dan nyaman. (WLD/VAL)

CM

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini