Share

4 Kunci yang Bikin Negara-Negara Skandinavia Makmur Sejahtera, Patut Dicontoh!

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 406 2593769 4-kunci-yang-bikin-negara-negara-skandinavia-makmur-sejahtera-patut-dicontoh-L4ErQxDMgZ.jpg Kopenhagen di Denmark, negara Skandinavia (Foto Freepik)

SKANDINAVIA adalah kumpulan negara di Eropa utara yang mencakup Denmark, Norwegia, dan Swedia. Beberapa menyebut Finlandia, Islandia, dan Kepulauan Faroe juga termasuk di dalamnya, namun tidak tergabung secara geografis. Mereka berbagi keseragaman budaya dan sejarah.

Negara-negara yang termasuk ke dalam Skandinavia ini tercantum ke dalam daftar negara paling bahagia di dunia. World Population Review yang mengutip dari laporan World Happiness Report tahun 2022 mengurutkan negara-negara paling bahagia.

Hasilnya, Finlandia menduduki peringkat pertama, disusul Denmark di urutan kedua, Islandia di urutan keempat, dan Norwegia di urutan keenam.

Hal ini jelas menimbulkan keingintahuan mengapa negara-negara ini bisa mendapatkan kemakmuran yang menyejahterakan rakyatnya. Apa rahasianya?

Masyarakatnya Saling Percaya

Mengutip dari Forbes, umumnya masyarakat di wilayah Nordik atau Skandinavia memiliki kepercayaan pada satu sama lain. Kepercayaan masyarakat yang tinggi itu memberikan rasa kesejahteraan, angka kriminalitas yang rendah, dan jumlah pengangguran yang relatif sedikit.

Sebuah studi Audrey Camp yang berbasis di Oslo menyebut bahwa ketika manusia merasa aman dalam pekerjaan, kesehatan, dan pendidikan, mereka memiliki kebebasan emosional untuk mengekspresikan kebahagiaan.

Selain itu, kebijakan sosial yang tidak pelit dari pemerintah juga membuat masyarakat lebih puas. Contohnya, negara Swedia dan Denmark yang memberikan jangka cuti hamil yang cukup panjang dan tidak ada pemotongan gaji selama cuti berlangsung.

Biaya fasilitas pelayanan umum seperti biaya sekolah dan rumah sakit diberikan secara gratis.

Gaya Hidup Luar Ruangan

Masyarakat negara-negara Skandinavia menggunakan sebagian besar waktu untuk berada di luar ruangan. Mereka gemar berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum. Mereka berusaha untuk selalu tetap produktif bahkan di waktu luang. Negara-negara Skandinavia punya waktu musim panas lebih sedikit.

Namun, mereka memanfaatkannya musim dingin yang panjang dengan sebaik-baiknya. Seperti di Finlandia contohnya. Biasanya, mereka melakukan aktivitas dengan pergi di akhir pekan untuk bermain ski atau pergi ke sauna.

Inilah yang membuat masyarakat Skandinavia tetap bahagia meski di cuaca musim dingin yang ekstrem.

Kesetaraan Gender

Negara-negara Skandinavia adalah negara yang menjunjung tinggi kesetaraan gender. Sejak tahun 2006, Menteri Ekonomi Norwegia telah menetapkan peraturan bahwa jabatan di perusahaan harus diisi oleh minimal 40% wanita.

Di sana, lelaki yang menjadi bapak rumah tangga sudah menjadi pemandangan biasa karena para istri sibuk mencari nafkah.

Ilustrasi

Mata Uang Punya Sendiri

Di Eropa, biasanya negara-negara menggunakan mata uang euro, kecuali Inggris yang menggunakan poundsterling. Negara-negara Skandinavia rupaya juga memiliki mata uang mereka sendiri seperti kroner Denmark, krona Swedia, dan krone Norwegia. Ketiga mata uang ini merupakan di antara mata uang yang paling stabil di dunia.

Pada tahun 2020, krona Swedia menduduki urutan pertama sebagai mata uang terbaik di dunia, dengan persentase 7,5% melampaui dolar AS.

Kemudian disusul oleh krona Denmark yang berada di posisi ketiga dengan persentase 6,1%. Kesuksesan dalam menumpas Covid-19 yang melanda negara merupakan alasan mengapa nilai mata uang krona bisa meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini